Kami sudah menyiapkan dan mengeluarkan surat imbauan menyambut Idul Fitri tahun 2024 kepada seluruh pemda....
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan telah menerbitkan surat imbauan kepada seluruh pemerintah daerah (pemda) di Indonesia untuk mempersiapkan destinasi wisata.
 
“Kami sudah menyiapkan dan mengeluarkan surat imbauan menyambut Idul Fitri tahun 2024 kepada seluruh pemda untuk menyiapkan destinasi dan daya tarik wisata,” ujar Sandiaga dalam jumpa pers yang dipantau secara virtual, di Jakarta, Senin.
 
Proyeksi pergerakan masyarakat pada Lebaran 2024 oleh Kementerian Perhubungan yang mencapai 193,6 juta orang atau sebesar 71,7 persen dari populasi Indonesia. Pihaknya bakal memanfaatkan momentum ini untuk kebangkitan sektor parekraf mencatatkan capaian yang positif.
 
Dalam merealisasikan hal tersebut, pihaknya telah menyiapkan sejumlah upaya, di antaranya lewat promosi sejumlah perhelatan (event), promosi lewat e-Katalog “Mudik Jelajah Masjid Di Indonesia Aja”.
 
“Banyak event-event yang telah kami dorong seperti update e-Katalog “Mudik Jelajah Masjid, Ramadhan Night Run" ini di Jakarta. Di Jambi ada festival arakan sahur, di Kepulauan Riau ada Batam Wonderfood art and Ramadhan, dan di Aceh, Solo, dan Sumatera Barat (ada kegiatan lain),” katanya lagi.

e-Katalog "Mudik Jelajah Masjid #DiIndonesiaAja" merupakan panduan yang dapat dimanfaatkan para pemudik saat melangsungkan perjalanan ke kampung halamannya untuk mencari masjid terdekat.

Dalam kesempatan itu, pemudik juga dapat sekaligus berwisata rohani di masjid-masjid tertentu.
Baca juga: Kunjungan wisatawan ke TNBTS Jatim 32.720 orang saat libur lebaran
Baca juga: Menparekraf-pemda koordinasi siapkan destinasi wisata sejumlah daerah

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024