Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Senin (18/3), mulai dari Kejaksaan Agung terima laporan dugaan korupsi pada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) hingga Polri siap amankan pengumuman hasil Pemilu 2024.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

1. Kejagung terima laporan dugaan korupsi pada LPEI dari Menkeu

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin mengatakan pihaknya menerima laporan dugaan tindak pidana korupsi terkait penggunaan dana pada Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) yang disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Kejaksaan Agung, Senin.

“Pada hari ini kami kedatangan Bu Menteri Keuangan, memang ada beberapa hal yang kami bahas tadi antara lain dugaan tindak pidana korupsi atau fraud (kecurangan) dalam pemberian fasilitas kredit LPEI,” kata Burhanuddin usai menerima kunjungan Sri Mulyani di ruang kerjanya, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

2. KPK panggil enam saksi terkait penyidikan rumah jabatan DPR

Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memanggil enam orang saksi terkait penyidikan perkara dugaan korupsi pengadaan sarana kelengkapan rumah jabatan anggota DPR RI pada tahun anggaran 2020.

"Hari ini bertempat di Gedung Merah Putih KPK, Tim Penyidik menjadwalkan pemanggilan dan pemeriksaan saksi-saksi penyidikan perkara dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di DPR RI," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

3. Polri siap amankan pengumuman hasil Pemilu 2024

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan bahwa pihaknya telah memastikan kesiapan personel dalam mengamankan pengumuman hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 oleh KPU tanggal 20 Maret mendatang.

“Terkait jumlah personel ada 4.992 anggota l Polri dan aparat gabungan, juga dengan stakeholders dan juga terdiri atas Satgas pusat atau Mabes Polri dan juga satgas daerah, yakni Polda Metro Jaya,” kata Trunoyudo di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

4. 17.000 jiwa mengungsi akibat bencana di 11 daerah

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol. Ahmad Luthfi menyebut 17.000 orang mengungsi akibat berbagai bencana yang terjadi di 11 daerah di provinsi ini.

"Sebanyak 17.000 orang di 11 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengungsi akibat banjir dan tanah longsor," kata Kapolda di Semarang, Senin, tanpa menyebut 11 daerah itu.

Selengkapnya baca di sini.

5. Hakim telusur alasan PSU di Kuala Lumpur ke Komisioner KPU

Hakim anggota Arlen Veronica menulusuri alasan dilakukannya Pemungutan Suara Ulang (PSU) di Kuala Lumpur, Malaysia kepada Anggota Komisioner KPU RI Betty Epsilon saat hadir sebagai saksi dalam sidang lanjutan perkara dugaan pemalsuan daftar pemilih.

“Jadi pertanyaannya begini, apakah saudara saksi mengetahui kenapa kok diadakan PSU ulang di KL (Kuala Lumpur) tersebut?” tanya Arlen kepada Betty di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024