Kabupaten Badung (ANTARA) - Apple dikabarkan masih berharap untuk mengembangkan perangkat lipat dalam bentuk ponsel pintar atau iPhone lipat.

Hal ini jelas berbeda dari laporan-laporan sebelumnya yang diketahui rencana Apple mewujudkan perangkat lipat terbatas pada tablet hingga Mac.

Informasi terbaru yang pertama kali dipublikasikan oleh media lokal Korea Alpha Business dengan sumber terpercaya yang tak disebutkan namanya mengungkap bahwa harapan terhadap pengembangan iPhone lipat menjadi jelas saat produk ini diberi target meluncur pada awal 2027.

Baca juga: Beredar kabar perangkat lipat Apple bukanlah iPhone

Baca juga: Tak hanya iPhone, Apple dikabarkan tengah kembangkan iPad lipat


Waktu yang cukup lama untuk perusahaan asal Cupertino itu untuk melakukan persiapan menyeluruh dalam segala hal, termasuk pasokan dan permintaan layar lipat.

Meski begitu diketahui jangka waktu untuk memeriksa dan memilih pemasok komponen tetap sama. Apple dilaporkan memanfaatkan produk dari Samsung Display dan LG Display untuk menyediakan tampilan prototipe.

Apple diketahui telah mematenkan solusi untuk mengurangi lipatan saat layar terlipat menjadi dua dan bisa dibilang perusahaan ini pionir karena belum ada perusahaan yang membuat layar seperti ini.

Solusi itu dilakukan dengan menggores alur pada kaca ultra tipis dan menutupinya dengan polimer fleksibel. Dengan demikian panel layar lebih mudah ditekuk dan membentuk lipatan yang tidak terlalu terlihat.

Bagaimanapun, sepertinya Apple berencana merilis iPhone yang dapat dilipat bersamaan dengan iPhone generasi 18.

Dengan penundaan ini, ia mungkin akan meluncurkannya sendiri atau mungkin membaginya dengan iPad yang dapat dilipat.

Adapun tablet ini awalnya diharapkan meluncur 2026 namun belum diketahui apakah dengan rencana iPhone lipat perangkat ini juga diundur perilisannya ke 2027 atau tidak. Demikikan dilaporkan GSM Arena, Senin (18/3).

Baca juga: Apple mulai uji coba panel layar lipat untuk iPhone dan iPad

Baca juga: Peluncuran iPhone lipat diprediksi mundur hingga 2024

Baca juga: iPhone Flip hadir tiga tahun lagi

 

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024