Pendaftaran mudik gratis telah dibuka sejak 16 Maret 2024 dan ditutup pada 3 April 2024
Balikpapan (ANTARA) -
PT Pelni (Persero) mengadakan Mudik Asyik bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dengan menyediakan 315 tiket perjalanan gratis di Kapal Motor (KM) Labobar pada rute Balikpapan-Makassar.
 
 
"Pendaftaran mudik gratis telah dibuka sejak 16 Maret 2024 dan ditutup pada 3 April 2024," kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Evan Eryanto di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Selasa.
 
 
Jadwal keberangkatan angkutan Lebaran alias mudik gratis dengan KM Labobar dari Pelabuhan Semayang Balikpapan menuju Makassar itu, pada 5 April 2024.
 
 
"Masyarakat yang berminat segara daftarkan diri karena keterbatasan jatah tempat di kapal itu," ujarnya.
 
 
Masyarakat yang berminat Mudik Asyik bersama BUMN bisa mengisi formulir yang tersedia secara daring (online), kata dia, di alamat tautan atau link bit.ly/MudikBersamaBUMNPELNI2024.
 
 
Persyaratannya, wajib melampirkan foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK), kemudian mengunduh aplikasi Pelni Mobile yang tersedia di playstore atau appstore.
 
 
Jika belum berusia 17 tahun atau belum memiliki KTP bisa menunjukkan KK, dan pendaftaran yang lolos verifikasi akan diinformasikan melalui pesan whatsapp.
 
 
Mudik Asyik bersama BUMN 2024 dengan menggunakan kapal Pelni, menurut dia, merupakan pelaksanaan program Tanjung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari perusahaan pelayaran milik negara itu.
 
 
KM Labobar memiliki kapasitas dapat mengangkut penumpang hingga 3.000 orang, dengan rute atau tujuan reguler Surabaya-Balikpapan-Pantoloan-Bitung-Ternate-Sorong-Manokwari-Nabire-Serui-Jaya Pura.
 
 
Sebanyak 3.408 pelampung penyelamat (life jacket) dewasa dan 212 untuk anak-anak melengkapi KM Labobar untuk keamanan dan keselamatan pelayaran.
 
 
Kemudian kapal buatan Jerman itu juga memiliki sekoci dengan total kapasitas 1.358 penumpang dan 119 unit perahu karet dengan total kapasitas 2.975 penumpang, kata Evan Eryanto.

Baca juga: Pelni sediakan 19 kapal layani mudik gratis Lebaran 2024
Baca juga: PAL pastikan kapal PELNI prima melayani kebutuhan logistik Ramadhan
Baca juga: Pelni layani 30 trayek kapal perintis di 18 wilayah pada 2024

 

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/Novi Abdi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024