Batam (ANTARA) - Polda Kepulauan Riau meningkatkan
pelaksanaan patroli selama bulan Ramadhan sebagai upaya mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas serta antisipasi balap liar di wilayah setempat.

Kabidhumas Polda Kepri Kombes. Pol. Zahwani Pandra Arsyad di Batam, Selasa mengatakan dalam patroli tersebut dilakukan pemantauan secara intensif terhadap potensi titik-titik rawan kejahatan serta lokasi yang sering menjadi tempat berlangsungnya kegiatan balap liar.

Ia menyebutkan personel kepolisian juga aktif berinteraksi dengan masyarakat setempat guna mendengar dan menindaklanjuti setiap laporan atau keluhan terkait keamanan lingkungan sekitar.

"Selain itu, langkah-langkah preventif seperti penegakan aturan lalu lintas terhadap kendaraan bermotor yang mencurigakan juga ditingkatkan dalam upaya meminimalisir potensi terjadinya tindak kejahatan selama bulan suci Ramadhan,” ujar Pandra.

Dengan adanya upaya patroli Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dan antisipasi terhadap balap liar yang dilakukan secara intensif dan menyeluruh, ia berharap situasi kamtibmas di wilayah Polda Kepri dapat tetap terjaga dengan baik, memberikan keamanan serta kenyamanan bagi seluruh masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan juga dalam periode waktu lainnya.

"Sementara itu, untuk masyarakat yang ingin mengadukan atau melihat kejahatan serta memerlukan bantuan kepolisian dapat menghubungi Call Center Polisi 110 atau unduh Aplikasi Polri Super Apps di Googleplay/APP Store," ujar dia.

Sebelumnya, Kapolda Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah dalam sambutannya saat memimpin Upacara Hari Kesadaran Nasional mengatakan Polri bersama instansi terkait akan melaksanakan pengamanan operasi ketupat, sebuah operasi kemanusiaan yang berorientasi pada keselamatan dan kenyamanan para pemudik.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kita, serta memanfaatkan fasilitas dan dukungan yang telah disediakan negara dengan sebaik-baiknya. Mari kita tingkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan bersama demi terciptanya Kepri yang aman, damai, dan harmonis," ujar Yan.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024