Atas berbagai pertimbangan, setelah melakukan briefing dengan unsur yang terlibat, maka operasi SAR akan kami perpanjang hingga tiga hari ke depan
Makassar (ANTARA) -
Basarnas menambah tiga hari pencarian korban kapal penangkap ikan Yuiee Jaya II yang tenggelam di Perairan Selayar, Sulawesi Selatan, dan telah memasuki hari ketujuh pencarian korban.
 
Sesuai SOP Basarnas dalam melakukan operasi SAR pencarian korban maksimal tujuh hari.  "Atas berbagai pertimbangan, setelah melakukan briefing dengan unsur yang terlibat, maka operasi SAR akan kami perpanjang hingga tiga hari ke depan," ujar Andi Sultan selaku OSC (On Scene Coordinator) pada operasi SAR Yuiee Jaya II di Makassar, Selasa.
 
Hingga saat ini, ada tiga SRU (Search Rescue Unit) yang melakukan pencarian di beberapa titik lokasi yang terbagi menjadi 3 sektor dan pencarian juga telah diperluas hingga 147 Nautical Mil (NM).
 
Sektor I (Rib Pos SAR Selayar) bergerak dari Pulau Jinato melakukan pencarian di sekitar Kawasan Taman Nasional Taka Bone Rate dengan luas area  586 NM, Sektor II (kapal nelayan) bergerak dari Pulau Rajuni melakukan pencarian di sekitar Kawasan Taman Nasional Taka Bone Rate dengan luas area 586 NM, dan Sektor III (KN SAR Kamajaya) bergerak dari Pulau Jampea menuju bagian timur Taman Nasional Taka Bone Rate dengan area pencarian 936 NM.

Baca juga: Tim SAR temukan dua pelampung dari kapal tenggelam di perairan Sulsel
 
Ia menambahkan tim SAR gabungan telah menyisir pulau kosong tak berpenghuni seperti Pulau Sane Sane, Pulau Jailamu, Pulau Polassi, serta bagian selatan Pulau Nambolaki.
 
"Dengan penambahan waktu tiga hari ke depan, pencarian akan dimaksimalkan. Semoga 19 korban dapat ditemukan," kata Andi Sultan.
 
Hingga sore ini, satu jenazah ditemukan mengapung sekitar 100 meter dari bibir pantai Pulau Kayuadi, yang kemudian diketahui bernama Husama dan telah dikebumikan di Pulau Kayuadi.
 
Sampai hari ketujuh operasi SAR terhadap korban kecelakaan Kapal Yuiee Jaya II telah ditemukan 12 orang selamat, empat orang meninggal dunia, dan 19 orang masih dalam pencarian. 

Baca juga: Tim SAR temukan satu kru kapal tenggelam di Selayar Sulsel
Baca juga: Tim SAR mulai cari 22 kru kapal yang tenggelam di Selayar Sulsel
 
Berikut Data Korban Selamat :
 
1.Dian kurniawan/Lakis, Magelang Jateng
2.Amirrulhak, Wonokerto Jateng
3.M .Zaki Muntaha,  Pekalongan 4.Waryen,  Pekalongan 
5.Tahmid , Pekalongan
6.Amiluddin, Pekalongan
7.Adi bagus Panuntun, Pekalongan
8.Septo Guntoro, Pekalongan
9.Maulana dwi anggoro, Pekalongan. 
10.Sun Hen Lakis/34 Tahun
11.Muzakkir Lakis
12.Amat Subechan
 
Data korban meninggal dunia :
 
1. Masrul Azam (dimakamkan di Kayuadi)
2. Acmad Subkhi (dimakamkan di Jampea)
3. Ahmad Ihram Kholis (dimakamkan di Kayuadi)
4. Husama (dimakamkan di Kayuadi)
 
Sementara dalam pencarian :
 
1. Andreansyah
2. Mohamad Irkham
3. Agus Budianto
4. Aditya Saifudin
5. Ahmad Mahrus
6. Ahmad Musyaffa
7. Aji Santoso
8. Ayuhan
9. Dhukron
10. Edi Surito
11. Haidar Muthohar Ahmad
12. Hendy Dianto
13. Ifnu Prastian
14. Kristanto
15. M. Khoirul Anam
16. M. Zuhdanul Mahrom
17. Rizal
18. Wahyono
19. Zaenal Abidin

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024