Dengan demikian keberhasilan pelaksanaan program (penurunan stunting) di lima daerah akan memberi kontribusi besar bagi penurunan tingkat nasional
Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengundang lima Penjabat (Pj) Gubernur dalam pelaksanaan rapat percepatan penurunan stunting atau tengkes di Istana Wakil Presiden Jakarta, Selasa.

"Pada hari ini saya juga mengundang lima Penjabat Gubernur yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, dan Sumatera Utara," kata Wapres Ma'ruf Amin dalam pengantarnya saat rapat bersama Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) di Jakarta, Selasa.

Wapres yang merupakan Ketua Pengarah TPPS mengatakan berdasarkan data Survei Kesehatan Indonesia (SKI) Tahun 2023 sebagian besar anak stunting berada di lima provinsi tersebut.

Baca juga: Wapres pimpin rapat evaluasi Tim Percepatan Penurunan Stunting/Tengkes

Menurutnya, apabila jumlah kasus stunting bisa ditekan di lima wilayah itu maka akan berkontribusi bagi penurunan tingkat nasional.

"Dengan demikian keberhasilan pelaksanaan program (penurunan stunting) di lima daerah akan memberi kontribusi besar bagi penurunan tingkat nasional," ucap Wapres Ma'ruf Amin. 

Wapres mengatakan terdapat perlambatan penurunan target stunting dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, sehingga diperlukan intervensi untuk mencapai target yang diinginkan.

"Waktu tersisa 7 bulan sebelum pemerintahan berakhir," ujar Wapres Ma'ruf Amin.
Baca juga: Wapres minta MUI tampil jadi mitra pemerintah untuk penurunan stunting
Baca juga: Wapres minta pemda fokus kawal target 'zero' stunting pada 2030


 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024