Jakarta (ANTARA) - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange menurun pada Selasa (Rabu pagi) karena indeks dolar Amerika Serikat (AS) menguat.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman April tercatat menurun 4,60 dolar AS atau 0,21 persen menjadi ditutup pada 2.159,79 dolar AS per ounce.

Federal Open Market Committee (FOMC) menggelar pertemuan kebijakan moneter yang dimulai Selasa (19/3) pagi dan akan berakhir Rabu sore dengan pernyataan dan konferensi pers dari Ketua Fed Jerome Powell.

Meskipun tidak ada perubahan kebijakan yang diharapkan, para investor seperti biasa menunggu hasil pertemuan tersebut untuk mendapatkan petunjuk tentang arah dan waktu kebijakan moneter ke depan.

Analis pasar memperkirakan periode volatilitas sebelum pertemuan FOMC selesai, dan melihat penurunan harga emas sebagai peluang untuk membeli komoditas tersebut.

Pada Selasa (19/3), Departemen Perdagangan AS melaporkan bahwa pembangunan rumah baru AS mengalami rebound sebesar 10,7 persen di bulan Februari dengan pertumbuhan tahunan (annual pace) 1,52 juta unit. Kenaikan tersebut merupakan yang terbesar dalam sembilan bulan terakhir. Data ekonomi yang positif semakin melemahkan harga emas.

Terkait logam mulia perak, untuk pengiriman Mei menurun 13,00 sen atau 0,51 persen menjadi ditutup pada 25.135 dolar AS per ounce. Harga platinum untuk pengiriman April menurun 20,10 dolar AS atau 2,18 persen ditutup menjadi 901,10 dolar AS per ounce.

Penerjemah: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024