Beijing (ANTARA) - Regulator China berencana melarang Xu Jiayin, ketua pengembang properti Evergrande Group, memasuki pasar sekuritas seumur hidup, seperti yang diumumkan oleh perusahaan pada Senin (18/3).

Anak usaha real estat unggulan perusahaan itu mengatakan bahwa pihaknya telah menerima pemberitahuan sebelumnya mengenai sanksi administratif dan larangan pasar yang dikeluarkan oleh Komisi Regulasi Sekuritas China (China Securities Regulatory Commission/CSRC).

CSRC menuduh Xu "membuat keputusan dan mengatur penipuan keuangan," kata Evergrande Real Estate Group dalam pengajuan ke bursa saham Shanghai dan Shenzhen.

CSRC akan memberikan peringatan dan denda kepada Xu sebesar 47 juta yuan (1 yuan = Rp2.177) atau hampir 6,63 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.672).

Evergrande Real Estate Group juga akan menerima peringatan dan denda sebesar 4,18 miliar yuan atas penerbitan informasi palsu dalam laporan tahunan 2019 dan 2020, atas dugaan penipuan dalam penerbitan obligasi korporat, serta atas kegagalannya mengungkap informasi yang diperlukan pada waktu yang tepat.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024