Houston (ANTARA News) - Pesawat Mustang P-51 dari zaman Perang Dunia II yang menjadi koleksi museum  jatuh di Teluk Galveston pada Rabu dan menewaskan pilot serta seorang penumpang.

Penyebab kecelakaan belum bisa diketahui pasti dan pilot tidak berhubungan dengan menara pengawas sesaat sebelum kecelakaan terjadi, kata juru bicara  Penerbangan Federal Amerika Serikat, (FAA) Lynn Lunsford.

P-51 Mustang itu dibuat tahun 1944, menurut catatan FAA dan  masuk  "Hall of Fame" penerbangan Texas sebagai bagian dari Museum Penerbangan Lone Star di Galveston.

Keith Hibbett (51) asal Denton, Texas menerbangkan pesawat itu bersama Stephen Busby (66) asal Inggris yang menjadi satu-satunya penumpang.

Busby membayar 1.995 dolar AS untuk mengikuti penerbangan itu sesuai program yang ditawarkan oleh museum. Ia bersama istrinya melancong ke AS untuk merayakan ulangtahun pernikahan ke 41.

Menurut laman museum itu, pesawat tersebut pernah digunakan oleh AU El Salvador pada tahun 1960-an, pada masa itu, pesawat berawak tunggal itu diubah untuk bisa mengangkut dua oang.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013