Paser (ANTARA) -
Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan potensi luas areal tanam padi gogo di wilayah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mencapai lebih kurang 7.787 hektare.
 
"Sangat luar biasa 7.787 hektare di Kaltim potensi ditanami padi gogo," ujar Direktur Jenderal Perkebunan Kementan Andi Nur Alam Syah di Kabupaten Paser, Kaltim, Rabu
 
Penjelasan tersebut disampaikan pada saat melakukan tanam perdana padi gogo di lahan perkebunan kelapa sawit melalui program kelapa sawit tumpang sari tanaman pangan (Kesatria) di Desa Tajur, Kecamatan Long Ikis, Kabupaten Paser
 
Penanaman padi gogo pada lahan perkebunan kelapa sawit itu dilakukan bersama Kelompok Tani Bhineka Tunggal Ika II Desa Tajur.
 
Potensi luas areal tanam padi gogo di Kabupaten Paser sekitar 7.410 hektare, menurut dia, dan untuk.memperkuat ketahanan pangan harus dimaksimalkan lahan kebun kelapa sawit dan kebun kelapa, atau lahan perkebunan lainnya yang belum menghasilkan.
 
Program Kesatria mendukung optimalisasi lahan perkebunan dan penambahan luas tanaman pangan, jelas Andi Nur Alam Syah lagi, khususnya tumpang sisip padi gogo.
 
"Program itu untuk ketahanan pangan aman dan terkendali, serta optimalisasi lahan perkebunan dapat tercapai," tambah Sekretaris Direktorat Jenderal Perkebunan.Kementan Heru Tri Widarto.
 
Pengawalan dan pengawasan kegiatan tanam padi gogo bakal terus dilakukan, lanjut dia, agar dapat tercapai sesuai target dan memastikan produksi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
Hasil tanaman padi gogo untuk luas lahan satu hektare tidak sebesar dibandingkan produksi padi sawah, kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Paser Djoko Bawono, karena lokasi tanam di sela-sela kebun kelapa sawit atau di lahan kering.
 
Hasil survei dan identifikasi pra-calon petani calon dan calon lokasi (CPCL) padi gogo bisa tertanam pada lahan 1.274 hektare di sela-sela kebun kelapa sawit pada tahun ini (2024), dan diharapkan Kementan bisa menerbitkan rekomendasi usulan program sawit rakyat (PSR) tahun ini agar dapat menambah luas lahan tanam padi gogo.
 
Pemerintah Kabupaten Paser memberikan apresiasi tanam padi gogo program Kementan itu, dan bakal merealisasikan target potensi luas lahan sehingga dapat memperkuat ketahanan pangan nasional, demikian Djoko Bawono.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan/R. Wartono
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024