Angkutan menggunakan KM. Sinabung. Manokwari ke Sorong pada 4 April 2024 dengan kuota 100 tiket. Sedangkan arus balik Sorong ke Manokwari pada 15 April 2024 juga dengan kuota 100 tiket. Jadi tiket mudik gratis yang disiapkan 200 tiket pulang pergi
Manokwari (ANTARA) - PT Pelni Cabang Manokwari, Provinsi Papua Barat, mengalokasikan 100 tiket mudik gratis Lebaran 2024 dengan rute Manokwari ke Kabupaten Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Kepala Cabang Pelni Manokwari Jusuf di Manokwari, Rabu, mengatakan, PT Pelni melaksanakan surat dari Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan tanggal 13 Maret perihal kegiatan mudik gratis penumpang kapal laut masa angkutan Lebaran tahun 2024.

"Angkutan menggunakan KM. Sinabung. Manokwari ke Sorong pada 4 April 2024 dengan kuota 100 tiket. Sedangkan arus balik Sorong ke Manokwari pada 15 April 2024 juga dengan kuota 100 tiket. Jadi tiket mudik gratis yang disiapkan 200 tiket pulang pergi," katanya.

Ia mengatakan, saat ini masyarakat sudah bisa mendaftar untuk mendapat tiket mudik gratis. Pendaftaran mudik gratis dapat dilakukan hingga H-1 sebelum keberangkatan selama jumlah kuota masih tersedia.

Ia menjelaskan, persyaratan yang harus dipenuhi yaitu calon penumpang wajib datang pada loket di Kantor Cabang Pelni Manokwari dengan membawa identitas KTP maupun Kartu Keluarga.

"Berbeda mudik gratis Nataru yang khusus pelajar dan lansia, saat ini tiket gratis diperuntukkan untuk masyarakat umum. Kita harapkan calon penumpang bisa mendaftar lebih awal mengingat kuota hanya 100 sekali jalan atau 200 pulang pergi," ujarnya.

Ia menambahkan, Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub pada Lebaran tahun ini menyediakan 13.012 tiket mudik gratis untuk pelayaran di seluruh Indonesia.

"Mudik gratis penumpang angkutan kapal laut tahun ini dilaksanakan pada 30 ruas pelabuhan tujuan se Indonesia," katanya.

Baca juga: Pelni Manokwari sebut perlu penguatan armada pelayaran perintis
Baca juga: Pelni Manokwari siapkan sembilan kapal layani mudik Lebaran 2023

 

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024