Pontianak (ANTARA) - Bank Mandiri Taspen memberikan layanan penukaran uang baru di halaman Masjid Mujahidin Pontianak, sebagai persiapan bagi masyarakat menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Layanan penukaran uang baru di Masjid Mujahidin Pontianak ini sudah kita laksanakan sejak tanggal 18 Maret kemarin, hingga tanggal 4 April mendatang. Jadi, bagi masyarakat yang ingin menukarkan uang baru, silahkan datang ke sini, selain di bank kami," kata Ganeral Affair Bank Mandiri Taspen Irma Sosioningrum, di Pontianak, Selasa.

Irma mengatakan, selama dua hari ini, masyarakat tampak antusias melakukan penukaran uang baru di halaman masjid Mujahidin Pontianak

"Antusias masyarakat untuk menukarkan uang baru sangat tinggi selama dua hari ini, karena memang biasanya setiap tahun itu selalu kita selenggarakan dan kita bekerjasama dengan Bank Indonesia," tuturnya.

Dia menambahkan untuk limit penukaran dari setiap Bank juga berbeda. Untuk Bank Mandiri hari ini menyediakan sekitar Rp500 juta yang terdiri dari pecahan mulai dari Rp1.000 sampai Rp50.000.

Dalam layanan penukaran uang baru tersebut, masyarakat diminta untuk melakukan pendaftaran terlebih dahulu untuk mendapat nomor antrian lalu setelah itu akan dipanggil dan akan di arahkan untuk melakukan penukaran.

Masyarakat terlihat dengan tertib dalam mengantri layanan penukaran uang di mobil layanan keliling BI Perwakilan Kalbar di halaman masjid Mujahidin Pontianak dengan di dampingi dari beberapa petugas keamanan yang terlihat bertugas di lokasi tersebut.

"Sangat bagus tentunya karena selain untuk kebutuhan sehari-hari di bulan Ramadhan ini juga menjadi persiapan untuk THR di hari Idul Fitri Nanti," kata salah satu warga Pontianak Nurhafiza, yang melakukan penukaran uang di counter Bank Indonesia di halaman masjid Mujahidin Pontianak.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalbar Nur Asyura Anggini Sari menyebutkan bahwa telah menyediakan uang kartal Rp3 triliun untuk menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri 1445 H /2024 M.

"Momen HKBN Idul Fitri kali ini disediakan uang kartal Rp3 triliun," katanya.

Menurut dia, ketersediaan uang kartal tersebut sudah mempertimbangkan akselerasi penggunaan uang non tunai di tengah masyarakat. Saat ini penggunaan uang non tunai di tengah masyarakat kian masif.

"Jadi ketersediaan uang kartal itu menyesuaikan juga dengan semakin banyaknya orang sudah menggunakan transaksi non tunai," papar dia.

Selain itu BI Perwakilan Kalbar memberikan layanan edaran uang baru selama Ramadhan melalui Semarak Rupiah Ramadhan dan berkah Idul Fitri (Serambi) 2024 di Pontianak.
 

Pewarta: Rendra Oxtora dan Jumadi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024