Kota Bogor (ANTARA) - Komisi V DPR RI melaksanakan kunjungan kerja spesifik dengan mengawasi kesiapan angkutan mudik lebaran 2024 di Terminal Baranangsiang, Kota Bogor, Jawa Barat.

Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae di Kota Bogor, Rabu, mengatakan pengawasan ini dilakukan khususnya terhadap penyelenggaraan angkutan sektor darat pengoperasian terminal tipe A, yakni Terminal Baranangsiang

Sebab, kata dia, Komisi V DPR RI berpandangan bahwa Provinsi Jawa Barat merupakan daerah tujuan dan lintasan mudik 2024.

“Oleh karena itu kami ingin memperoleh data dan penjelasan yang lebih komprehensif, sekaligus membahas bersama terkait persiapan sarana prasarana transportasi di Terminal Baranangsiang,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Ridwan memaparkan, potensi pergerakan penumpang secara nasional pada masa lebaran 2024 ada 193 juta orang. Terbanyak ada di Pulau Jawa dengan perjalanan lewat darat.

Baca juga: Komisi VIII DPR minta Mensos pastikan penyaluran bansos tepat sasaran

Berkaitan dengan tingginya mobilitas penumpang pada mudik lebaran tahun ini, Ridwan menyebut ada beberapa hal jadi perhatian serius dari semua pihak dalam penyelenggaraan mudik lebaran.

Pertama, kata dia, yakni keterjaminan faktor keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan kualitas pelayanan.

Kedua, lanjut Ridwan, koordinasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah sebagai regulator dengan para operator transportasi dalam pengendalian dan penyelenggaraan angkutan mudik.

“Lalu pemenuhan standar pelayanan angkutan massal dalam rangka mendukung kelancaran, keselamatan, dan kenyamanan pengguna jalan,” jelasnya.

Hal yang terakhir menjadi perhatian, disebutkan Ridwan yakni kemacetan, kecelakaan, dan hambatan di ruas jalan nasional yang sering terjadi setiap tahun.

Baca juga: Komisi VI DPR apresiasi BUMN raih target dividen

“Kemacetan, kecelakaan, dan hambatan di ruas jalan nasional dan jalan tol dapat diantisipasi. Serta perlu meningkatkan aspek pencegahan,” ucapnya.

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim mengatakan, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kemenhub yang mengelola Terminal Baranangsiang, telah bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyiapkan sarana dan prasarana di terminal tersebut.

“Secara umum saya pikir dari BPTJ sudah mempersiapkan dengan baik, bekerja sama dnegan Pemkot Bogor, memfasilitasi untuk yang mudik maupun yang balik (dari mudik) ke Kota Bogor,” ujarnya. (KR-SBN)

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2024