Pengoperasian layanan penerbangan Pelita Air tujuan Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya akan berdampak baik bagi peningkatan industri kepariwisataan Aceh.
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menyatakan kehadiran maskapai penerbangan baru yang akan melayani rute Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya, sangat mendukung kemajuan industri pariwisata di provinsi ini.

“Pengoperasian layanan penerbangan Pelita Air tujuan Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya tentunya akan berdampak baik bagi peningkatan industri kepariwisataan Aceh,” kata Kadisbudpar Aceh Almuniza Kamal, di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan dengan hadirnya layanan Pelita Air, masyarakat di Provinsi Aceh memiliki alternatif pilihan penerbangan dan mendapatkan kesempatan untuk terbang dengan harga yang terjangkau.

“Kami menyambut baik atas besarnya dukungan dan komitmen Pelita Air dalam memberikan layanan transportasi bagi masyarakat Aceh yang akan segera beroperasi pada 3 April 2024,” katanya pula.

Dia menambahkan, dengan hadirnya Pelita Air melayani rute Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya, maka jumlah transportasi udara yang beroperasi di Tanah Rencong semakin banyak.

Sebelumnya, Otoritas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar menyatakan dalam menghadapi mudik lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, masyarakat Aceh akan memiliki alternatif untuk menggunakan jasa transportasi udara seiring bertambahnya maskapai penerbangan yang melayani daerah tersebut.

"Insya Allah 3 April ini akan ada penambahan maskapai penerbangan Pelita Air yang akan melayani rute Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya," kata Executive General Manager Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Darmadi, di Aceh Besar, Selasa (19/3).

Ia menjelaskan masyarakat di provinsi ujung paling barat Indonesia itu akan semakin punya pilihan jenis maskapai penerbangan yang akan digunakan, seiring bertambahnya maskapai penerbangan yang melayani Banda Aceh-Jakarta dan sebaliknya.

Dia menyebutkan dengan penambahan maskapai penerbangan tersebut, maka jumlah pesawat domestik yang akan beroperasi di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda sebanyak enam maskapai.

Adapun maskapai penerbangan domestik di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Blang Bintang Aceh Besar, yakni Garuda Indonesia, Citilink, Lion Air, Batik Air, Pelita Air (beroperasi 3 April), dan Susi Air (penerbangan perintis).

Kemudian untuk maskapai penerbangan internasional Air Asia, Firefly, Garuda Indonesia dengan rute Kuala Lumpur, Penang, dan Jeddah.

Kemudian untuk rute domestik terdiri dari Jakarta, Kualanamu, dan untuk perintis Kutacane, Sabang, Simeulue, Tapaktuan, Gayo Lues.
Baca juga: Garuda gunakan pesawat berbadan besar di Aceh layani mudik lebaran
Baca juga: Bandara SIM:Pelita Air tambah pilihan transportasi udara warga Aceh


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024