Alhamdulillah tahun ini kami bisa pulang ke kampung dengan kapal gratis, karena ada program Mudik Gratis dari pemerintah.
Ternate (ANTARA) - Sejumlah warga Ternate, Maluku Utara (Malut), merasa senang dan bahagia dengan adanya program dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengenai Mudik Gratis pada Lebaran 2024 ini, sehingga mereka bisa mudik ke kampung halaman dengan naik kapal secara gratis.

"Alhamdulillah tahun ini kami bisa pulang ke kampung dengan kapal gratis, karena ada program Mudik Gratis dari pemerintah," kata Anisa Khilian, salah seorang warga di Kota Ternate yang hendak mudik ke Kota Ambon, Maluku, saat ditemui di Loket Penjualan Tiket Kantor PT Pelni Cabang Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, informasi awal mengenai kapal Mudik Gratis ini dari rekannya, kemudian dia ke Kantor PT Pelni Cabang Ternate di kawasan Pelabuhan Ahmad Yani Ternate, untuk memastikan informasi tersebut.

"Benar ada Mudik Gratis, sehingga ditanyakan persyaratan apa saja, ternyata hanya foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)," kata Anisa, mahasiswa asal Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku yang menimba ilmu di perguruan tinggi di Kota Ternate itu.

Dia berharap kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan, agar ke depan program Mudik Gratis tersebut masih dibuka, khususnya untuk rute dari Kota Ternate tujuan Kota Ambon, agar bisa membantu meringankan beban warga saat Lebaran di kampung halaman.

Kepala PT Pelni Cabang Ternate M Lutfi Israr Sutan mengatakan untuk alokasi di Malut ada tiga daerah tujuan dengan kuota sebanyak 700 orang.

"Tiga daerah tujuan adalah Ternate rute Ambon, Maluku dan Ternate rute Bitung, Sulawesi Utara serta Ternate tujuan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula," katanya pula.

Dia mengatakan dari tiga daerah tujuan tersebut yang dibagikan sebanyak 700 kuota itu, akan dibagi masing-masing di antaranya untuk Ternate ke Ambon sebanyak 300 orang, dan rute Ternate tujuan Sanana sebanyak 100 orang.

Sedangkan, kata dia lagi, untuk Ternate tujuan Bitung kuotanya sebanyak 300 orang, dan semuanya disiapkan dua kapal yang melayani tiga daerah tujuan sesuai jadwal yang berikan dari Kementerian Perhubungan.

"Dua kapal Pelni yang disiapkan dalam mendukung program Mudik Gratis dari Kementerian Perhubungan itu, yakni untuk Ternate - Ambon dan Ternate-Bitung akan dilayani KM Dorolonda, sementara untuk Ternate ke Sanana akan dilayani KM Sangiang,"ujarnya pula.

Sesuai jadwal, tanggal 27 Maret akan dibuka pertama dari Ternate tujuan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula, dan pada 30 Maret dibuka Ternate tujuan Ambon.
Baca juga: Kemenhub siap layani mudik gratis di 47 ruas jalur laut se-Indonesia
Baca juga: Kemenhub: Penumpang angkutan laut pada Lebaran 2024 capai 3 juta orang

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024