Kunjungan kerja ini secara khusus dilakukan untuk memitigasi kesiapan pasokan listrik saat Lebaran dan Insya Allah aman
Makassar (ANTARA) -
Komisi VII DPR RI mengapresiasi upaya PLN dalam memberikan pasokan listrik yang andal dan aman selama Ramadhan dan Idul Fitri 2024, khususnya di wilayah kerja PLN UID Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar).
 
Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengapresiasi kesiapsiagaan PLN dalam memberikan pelayanan prima dan listrik yang andal selama Ramadhan dan menyambut perayaan Idul Fitri.
 
"Kunjungan kerja ini secara khusus dilakukan untuk memitigasi kesiapan pasokan listrik saat Lebaran dan Insya Allah aman," ujar Sugeng melalui keterangannya di Makassar, Rabu.
 
Sugeng juga menjelaskan Komisi VII DPR RI berkomitmen mengawal Net Zero Emission (NZE)  tahun 2060. "PLN juga harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia dan terima kasih kepada PLN yang sudah berkomitmen menjaga pasokan listrik aman hingga Idul Fitri," tambah Sugeng.

Baca juga: Komisi VII DPR dukung pemerintah dan PLN kembangkan "super grid"
 
Tak hanya pasokan listrik yang andal, pada momen mudik tahun ini PLN juga telah mempersiapkan layanan maksimal bagi ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.
 
Pada kesempatan yang sama Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jisman P. Hutajulu juga mengapresiasi kerja keras tim PLN menjaga pasokan listrik.
 
"Terima kasih kepada tim PLN dan berkat dukungan Komisi VII DPR RI pasokan listrik saat ini aman," kata Jisman.
 
Direktur Manajemen Pembangkitan PT PLN (Persero) Adi Lumakso menjelaskan PLN terus bersiaga menjaga keandalan pasokan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2024. Terpantau hingga saat ini kondisi kelistrikan secara nasional maupun Sulselrabar dalam kondisi aman.
 
"Diperkirakan beban puncak saat Idul Fitri di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan sebesar 1.548,67 Megawatt (MW) dengan cadangan daya sebesar 500,93 MW. Selain itu persentase Energi Baru Terbarukan (EBT) sebesar 45,78 persen, sehingga pasokan listrik aman," urai Adi.

Baca juga: PLN IP UBP Priok siapkan pasokan listrik 2.777 MW selama Ramadhan
 
General Manager PLN UID Sulselrabar Moch Andy Adchaminoerdin menambahkan PLN juga menyiagakan posko siaga sebanyak 71 titik lokasi dengan mengerahkan 2.150 personel.
 
Dalam memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat, lanjutnya, PLN juga menyiapkan alat pendukung dalam periode Siaga antara lain menyediakan 141 Genset, 28 Uninterruptible Power Supply (UPS), 86 Unit Gardu Bergerak (UGB), 13 Crane, 266 mobil, 44 motor listrik dan 106 motor konvensional.
 
"Tak hanya itu delapan tim khusus Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) juga turut disiagakan," ujarnya.

Andy memastikan untuk memberikan rasa nyaman kepada pengguna kendaraan listrik yang ingin bepergian pada momen Ramadhan dan Idul Fitri, PLN telah menyediakan 20 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar dalam 12 lokasi di Sulselrabar.

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024