Beijing (ANTARA) - Kota Beijing akan terus memanfaatkan peran strategisnya sebagai ibu kota negara dan mempercepat pembangunan berkualitas tinggi, demikian disampaikan pemerintah setempat pada Selasa (19/3).

Selama bertahun-tahun, Beijing mencapai kemajuan substansial antara lain dalam inovasi teknologi, meningkatkan lingkungan bisnis, dan tata kelola kota, ujar Wali Kota Beijing Yin Yong dalam konferensi pers yang diadakan oleh Kantor Informasi Dewan Negara China.

Mengikuti rencana pembangunan pada umumnya, berbagai upaya akan dilakukan untuk membebaskan Beijing dari fungsi-fungsi nonesensial dalam perannya sebagai ibu kota negara, dan mendukung pembangunan Kawasan Baru Xiong'an, sembari memajukan pembangunan berkualitas tinggi di Pusat Administrasi Kota Beijing.

Sejumlah langkah akan diambil guna memperkuat peran kota metropolitan itu sebagai pusat inovasi internasional di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memajukan pembangunan ramah lingkungan dan rendah karbon dengan mengoptimalkan struktur energi dan meningkatkan pasokan listrik ramah lingkungan hingga 25 persen dari total pasokan listrik kota itu.

Beijing juga akan mempercepat pembangunan Zona Demonstrasi Nasional Terpadu untuk Keterbukaan Sektor Jasa dan Zona Perdagangan Bebas Percontohan (Beijing) China, serta akan meluncurkan kebijakan yang lebih preferensial bagi perusahaan.

Lebih banyak upaya akan dilakukan guna memastikan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, kata Yin, seraya menambahkan bahwa kota itu akan memajukan manajemen transportasi, dengan tujuan meningkatkan proporsi transportasi hijau di distrik-distrik pusat kota hingga 75 persen. Selesai
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024