Jakarta (ANTARA) - DHL Global Forwarding, spesialis pengiriman barang dari DHL Group, meluncurkan Batam EV Center of Excellence di Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

Pusat logistik kendaraan listrik (electric vehicle/EV) pertama di Asia tersebut hadir untuk menjembatani kesenjangan dalam ekosistem kendaraan listrik dan secara khusus melayani industri EV yang berkembang di kawasan itu.

Presiden Direktur DHL Global Forwarding Indonesia Vincent Yong dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu mengatakan Indonesia dengan sumber daya alam nikel dan kobalt yang melimpah, memiliki posisi penting dalam mengembangkan rantai pasokan EV yang terintegrasi.

Sejalan dengan tujuan pemerintah Indonesia untuk menjadi salah satu produsen baterai EV global pada 2027, kata dia, pendirian Batam EV Center of Excellence menandai tonggak penting untuk mendukung tujuan tersebut, sekaligus memperkuat industri EV lokal.

"DHL telah terbukti memiliki keahlian dalam menangani logistik EV dengan standar tertinggi. Kami menawarkan layanan yang fleksibel dan mudah diadaptasi sehingga memungkinkan pelanggan untuk mengintegrasikan solusi kami ke dalam proses rantai pasokan mereka dengan mulus. Tim ahli EV kami juga siap memberikan solusi khusus yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan," katanya.

DHL Global Forwarding menjelaskan Batam EV Center of Excellence menawarkan berbagai layanan komprehensif dan modular, termasuk logistik masuk dan keluar dengan berbagai moda transportasi, pergudangan dengan layanan bernilai tambah seperti pemeriksaan dan pengisian daya baterai, dan penanganan baterai purnajual.

Penanganan tersebut mencakup penyimpanan, pengisian ulang, dan layanan diler untuk masalah garansi, penggantian dan pelepasan baterai. Fasilitas itu juga dilengkapi dengan ruangan yang dikontrol suhu dan kelembapannya serta solusi satu atap dengan ruang untuk barang umum dan barang berbahaya.

DHL Global Forwarding menyebut lokasi Batam yang berdekatan dengan pusat aktivitas manufaktur dan perdagangan Asia Pasifik menempatkannya sebagai hub internasional yang sedang berkembang dan lokasi yang ideal untuk EV Center of Excellence yang baru.

Pelanggan juga dapat menikmati konektivitas tanpa batas ke pasar global tanpa mengorbankan waktu tunggu, dilengkapi dengan status Zona Perdagangan Bebas dan Kawasan Ekonomi Khusus Batam yang memaksimalkan efisiensi.

EV Center of Excellence merupakan bagian dari pusat logistik EV dan baterai yang pertama di kawasan Asia, dibangun oleh DHL Global Forwarding dan dikembangkan melalui kerja sama dengan tim EV dari DHL Customer Solutions and Innovation (CSI).

Hub logistik EV perintis tersebut merupakan fasilitas multi-pengguna yang menawarkan dukungan ekspansi sesuai kebutuhan spesifik. Fasilitas tersebut tidak hanya memenuhi standar keselamatan dan keamanan untuk penanganan baterai EV yang optimal, tetapi juga memiliki sertifikasi ISO 9001, 14001, dan 22301.

Sementara itu, President Global Sector Auto-Mobility di DHL CSI Fathi Tlatli mengatakan pihaknya berkomitmen untuk memberdayakan pelanggan dengan konektivitas tanpa batas dan keunggulan layanan yang tak tertandingi melalui EV Center of Excellence terbaru.

"Sebagai bagian dari jaringan global yang memiliki pusat di Eropa, Amerika, dan Timur Tengah dan dengan ekspansi yang terus berlanjut, pelanggan tidak hanya mendapatkan akses ke pasar lokal, tetapi juga peluang pertumbuhan di pasar global," kata dia.

Selain meluncurkan Batam EV Center of Excellence, DHL Global Forwarding Indonesia juga memperkenalkan van listrik terbaru, yang melayani penjemputan dan pengantaran di wilayah Jabodetabek dan Karawang.

Penggunaan kendaraan listrik untuk pengiriman jarak jauh ini mempertegas komitmen DHL terhadap keberlanjutan dan pengurangan emisi karbon, sekaligus membantu pelanggan untuk memperluas jejak ramah lingkungan mereka.

Van listrik itu dilengkapi dengan fitur pengisian daya yang cepat sehingga dapat diisi ulang hanya dalam waktu satu jam. Dengan kemampuan menempuh jarak hingga 300 kilometer dengan sekali pengisian daya penuh, van listrik tersebut menawarkan solusi transportasi yang handal dan ramah lingkungan.

Baca juga: CEO DHL Express sebut China tawarkan banyak peluang dan inovasi
Baca juga: DHL Express raih penghargaan sebagai tempat kerja terbaik di Indonesia
 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024