Jakarta (ANTARA) - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Kami menyampaikan ucapan selamat yang tulus kepada Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto atas kemenangannya,” kata Blinken, dalam keterangan tertulis Kedubes AS di Jakarta, Kamis.

Blinken juga memuji masyarakat Indonesia atas partisipasi dan komitmen mereka pada demokrasi dan aturan hukum.

Blinken mengatakan bahwa, sebagai mitra dan kawan dekat dalam Kemitraan Strategis Komprehensif, Indonesia dan AS bekerja sama untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi warga kedua negara.

“Kami menantikan untuk bermitra erat dengan Presiden terpilih Prabowo Subianto dan pemerintahannya saat dimulainya masa jabatan pada bulan Oktober,” katanya lagi.

Pada Rabu (20/3), Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang dalam pemilihan presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengumumkan bahwa pasangan Prabowo-Gibran meraih 96.214.691 suara.

Selanjutnya, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh 40.971.906 suara dan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md memperoleh 27.040.878 suara.

Total surat suara berjumlah 164.227.475 suara, kata Hasyim. 


Baca juga: Joe Biden ucapkan selamat ke Prabowo karena unggul di Pilpres 2024

Baca juga: PM Jepang ucapkan selamat kepada presiden terpilih RI Prabowo Subianto

 

Blinken tunjukkan upaya AS dalam menjaga sentralitas ASEAN

 

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2024