Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menampilkan gambar uang yang berlaku di Indonesia dan uang baru yang akan beredar setelah redenominasi.

Redenominasi didefinisikan sebagai penyederhanaan nilai mata uang rupiah tanpa mengubah nilai tukarnya.

Dalam unggahan tersebut, mata uang Rp1.000 akan menjadi satu rupiah dengan terdapat wajah Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Mata uang Rp50.000 akan menjadi Rp50 dengan terdapat wajah Ir H Raden Djoeanda Kartawidjaja dan mata uang Rp100. 000 akan menjadi seratus rupiah dengan terdapat wajah HOS Tjokroaminoto.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“uang kertas emisi terbaru udah bisa dipakai saat lebaran

Penukaran uang baru lebaran”

Namun, benarkah uang baru hasil redenominasi dikeluarkan saat lebaran 2024?

Unggahan video TikTok yang menarasikan uang baru hasil redenominasi dikeluarkan saat lebaran 2024. Faktanya, belum ada klaim resmi mengenai hal tersebut. (TikTok)
Penjelasan:

Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia pada tahun 2020 kembali membicarakan rencana redenominasi rupiah dan pada rencana tersebut penyederhanaan rupiah dilakukan dengan mengurangi tiga angka nol di belakang, contohnya Rp1.000 hanya menjadi Rp1. 

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020 hingga 2024. Namun, sampai saat ini belum ada informasi resmi kapan redenominasi rupiah akan diberlakukan.

Pada 2023 lalu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku siap melakukan redenominasi rupiah, namun masih terdapat tiga faktor yang menyebabkan pelaksanaannya belum dilakukan hingga saat ini.

Terkait foto uang hasil redenominasi Rp50 dan Rp100 juga pernah beredar tahun dan telah dibantah oleh Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono. Menurutnya, desain tersebut dipastikan bukan uang resmi yang diedarkan Bank Indonesia.

Cek fakta: Hoaks! Redenominasi sudah mulai diberlakukan pada Juli 2023

Cek fakta: Hoaks! Uang redenominasi bergambar Jokowi

Baca juga: Gubernur BI mengaku siap lakukan redenominasi rupiah

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024