Jakarta (ANTARA) - Presiden Singapura Tharman Shanmugaratnam dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menulis surat ucapan selamat kepada presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto atas kemenangannya pada Pemilihan Presiden 2024.

​​​​​​“Atas nama rakyat Singapura, saya ingin menyampaikan ucapan selamat yang setulus-tulusnya atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Republik Indonesia ke-8,” bunyi surat Presiden Tharman seperti dikutip dari keterangan resmi Kementerian Luar Negeri Singapura yang diterima di Jakarta, Kamis.

Presiden Singapura mengatakan amanah kuat yang diterima Prabowo menunjukkan keyakinan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap kemampuannya memimpin Indonesia menuju kemajuan yang lebih besar.

Ia juga berharap hubungan kuat antara Singapura dan Indonesia yang didukung oleh ikatan kekerabatan dan persahabatan yang erat dapat terus dijaga di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

“Saya yakin bahwa di bawah kepemimpinan Anda, Indonesia dan Singapura akan terus menjadi teman dekat dan mitra, seiring kita bekerja sama untuk memperkuat hubungan bilateral demi kepentingan rakyat kita,” ucapnya.

Tak lupa ia juga mengenang pertemuannya dengan Prabowo pada November 2023 di Singapura untuk penganugerahan Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) yang mengakui kontribusi signifikan Prabowo dalam memperkuat hubungan pertahanan yang erat dan telah lama terjalin antara Indonesia dan Singapura.

“Saya sangat menantikan pertemuan kita berikutnya dan menyambut Anda untuk segera mengunjungi Singapura. Saya berharap Anda sehat dan sukses,” tuturnya.

Senada, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong melalui suratnya menuturkan terpilihnya Prabowo sebagai Presiden Republik Indonesia ke-8 merupakan amanah yang kuat dan jelas dari seluruh rakyat Indonesia.

Singapura dan Indonesia, lanjutnya, menikmati hubungan yang baik dan bersahabat. Selama karir Prabowo, PM menilai Menteri Pertahanan tersebut telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan hubungan erat dan kerja sama antara kedua negara kita.

“Secara pribadi, saya dan rekan-rekan saya sangat menghargai niat baik dan persahabatan Anda, yang dibangun saat kita bekerja dan bekerja sama satu sama lain dalam banyak hal selama beberapa dekade terakhir. Saya menghargai percakapan kita selama bertahun-tahun, dan selalu menghargai wawasan Anda mengenai perkembangan regional dan global,” jelasnya.

Melalui dukungan Prabowo sebagai Presiden Indonesia berikutnya, PM meyakini Singapura dan Indonesia dapat membangun landasan yang kuat untuk memajukan hubungan bilateral demi kepentingan generasi mendatang. Termasuk kerja sama di bidang baru seperti ekonomi hijau dan digital, keberlanjutan, layanan kesehatan, dan pengembangan sumber daya manusia.

“Secara regional, ada banyak hal yang dapat dicapai Singapura dan Indonesia dengan bekerja sama untuk memajukan kepentingan ASEAN. Saya berharap Anda mendapatkan kesehatan yang baik dan kesuksesan saat Anda memangku jabatan tertinggi di negeri ini. Saya berharap dapat segera bertemu dengan Anda lagi,” tambahnya.

Baca juga: Prabowo terima ucapan selamat dari Menlu AS atas kemenangan Pilpres 
Baca juga: Putra Mahkota Saudi ucapkan selamat atas kemenangan Prabowo di Pilpres
Baca juga: Presiden Swiss ucapkan selamat ke Prabowo sebagai presiden terpilih


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024