kalau kita lihat sektor pariwisata ini masih menunjukkan grafik yang kuat
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sengketa pesta demokrasi Pemilu 2024 tidak berdampak terhadap sektor pariwisata di tanah air.

"Sektor pariwisata tidak terlalu terdampak karena kalau kita lihat sektor pariwisata ini masih menunjukkan grafik yang kuat," kata Sandi usai menghadiri acara simbolis peresmian Lapangan Basket Khaf Masjid Istiqlal di Jakarta, Kamis.

Dirinya mengatakan alasan sengketa hasil pemilu presiden tak berdampak pada sektor pariwisata karena narasi yang dibangun di tengah masyarakat yakni pemilu yang damai, serta rukun berhasil diwujudkan. Sehingga hal tersebut secara langsung berdampak positif pada kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

Sandiaga mengatakan justru saat ini pihaknya khawatir terhadap situasi pelambatan ekonomi yang terjadi di beberapa negara, serta kondisi geopolitik yang mengancam perekonomian global.

"Kita justru memperhatikan perlambatan ekonomi di beberapa wilayah dunia, ini yang menjadi perhatian kita juga situasi geopolitik global. Mahalnya harga tiket baik di dalam negeri maupun di luar negeri juga menjadi sorotan kita," kata Sandi.

Sebelumnya pada Senin (26/2), Menparekraf Sandiaga menargetkan perputaran uang pada sektor wisata mencapai Rp3.000 triliun pada tahun 2024 dengan target perjalanan wisata nusantara 1,25–1,5 miliar dan transaksi produk ekonomi kreatif Rp1.187 miliar.

"Untuk mencapai target tersebut, perlu langkah-langkah adaptasi, kolaborasi, dan inovasi. Kami berharap terobosan ini bisa didorong oleh masing-masing daerah," ucapnya.

Dirinya memandang penting terobosan dari pemerintah daerah, baik kabupaten maupun kota, untuk mendorong pertumbuhan sektor wisata dan ekonomi kreatif.


Baca juga: Menparekraf jaga pariwisata halal Indonesia tetap terbaik dunia
Baca juga: Kemenparekraf proyeksikan kongres APAO beri dampak ekonomi Rp250,4 M
Baca juga: Pemprov Jateng tawarkan kerja sama sektor pariwisata kepada China


Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024