Jakarta (ANTARA) - Duta Besar Republik Federasi Brazil untuk ASEAN Henrique Archanjo Ferraro menegaskan kembali dukungan Brazil terhadap sentralitas ASEAN dan komitmen negara itu untuk memajukan hubungan dengan ASEAN dan negara-negara anggotanya.

Dukungan tersebut disampaikan Dubes Ferraro saat menyerahkan Letter of Credence atau Surat Kepercayaan kepada Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn di Kantor Pusat ASEAN, Jakarta, Kamis.

Dubes Ferarro juga menyampaikan komitmen terhadap kerangka hubungan ASEAN Foreign Ministers and the Southern Common Market (ASEAN-MERCOSUR) dan ASEAN-Community of Latin American and Caribbean States (CELAC) yang berperan penting dalam menjaga perdamaian regional dan mempromosikan pembangunan bersama.

Sekjen Kao turut mengucapkan selamat kepada Dubes Ferraro atas pelantikannya dan menekankan bahwa penunjukan Dubes Ferraro sebagai Duta Besar Brazil yang pertama untuk ASEAN menunjukkan komitmen kuat Brazil untuk memperkuat Kemitraan Dialog Sektoral ASEAN-Brazil.

Ke depan, Sekjen Kao mendorong kedua belah pihak untuk terus menjajaki kemungkinan kerja sama di bidang yang saling menguntungkan dan menarik, sejalan dengan Kemitraan Dialog Sektoral ASEAN-Brazil: Bidang Kerja Sama Praktis (2024-2028), termasuk di bidang perdagangan dan investasi, energi, ketahanan pangan, serta ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi.

Adapun Brazil menyetujui Perjanjian Persahabatan dan Kerja Sama di Asia Tenggara (TAC) pada 2012.

Pada 2022, Pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN ke-55 menganugerahkan status Mitra Dialog Sektoral ASEAN kepada Brazil.

Komite Kerja Sama Sektoral Bersama ASEAN-Brazil (AB-JSCC) ke-2 yang diadakan pada 14 Desember 2023 mengadopsi Kemitraan Dialog Sektoral ASEAN-Brazil: Bidang Kerja Sama Praktis (2024-2028) yang akan berfungsi sebagai panduan praktis untuk memperkuat kerja sama antara kedua pihak.

Baca juga: Brazil tandatangani TAC dengan ASEAN

Baca juga: Giliran Brazil yang mendekat ke ASEAN


Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024