“GPM sudah mulai dilakukan di beberapa titik yang telah disusun secara bergantian di seluruh kecamatan yang ada di Kota Kendari....
Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara, melaksanakan gerakan pangan murah (GPM) di 12 titik yang tersebar di seluruh kecamatan  di kota itu selama Ramadhan 1445 Hijriah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Disketapang) Kota Kendari Abdul Rauf, di Kendari, Jumat, mengatakan pelaksanaan GPM ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat terutama di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

“GPM sudah mulai dilakukan di beberapa titik yang telah disusun secara bergantian di seluruh kecamatan yang ada di Kota Kendari guna menyambut Hari Besar Keagamaan nasional (HKBN) 2024,” kata Abdul Rauf.

Baca juga: Pemprov Jateng salurkan 7 ton beras pada program GPM di Solo

Ia mengatakan, sesuai jadwal yang telah disusun, GPM  akan dilakukan di 12 titik lokasi di Kota Kendari yakni 19 Maret di Kecamatan Wua – Wua, 20 Maret di Kecamatan Baruga, 21 Maret di kecamatan Kambu, 27 Maret di Kecamatan Poasia, 28 Maret di Kecamatan Abeli, 29 Maret di Kecamatan Nambo.

Kemudian 3 April di Kecamatan Kendari Barat, 4 April di Kecamatan Kendari, 5 April di Kecamatan Mandonga, kemudian 1 dan 8 Mei dilakukan di Kecamatan Puuwatu.

Menurutnya pelaksanaan GPM selain untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau juga akan secara tidak langsung berimplikasi terhadap pengendalian inflasi.

“Bila masyarakat mudah mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau maka secara otomatis daya beli akan terjaga sehingga laju inflasi juga akan tertekan dan terkendali,” katanya.

Baca juga: Pemprov Kalteng selenggarakan GPM dalam Ramadhan Festival

Ia berharap dengan pelaksanaan GPM ini bisa membuat masyarakat dengan mudah mendapatkan bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024