Jayapura (ANTARA) - Pangdam XVII/ Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengaku pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait video penyiksaan terhadap warga sipil yang diduga dilakukan oknum anggota TNI.

"Kami masih konfirmasi video tersebut," kata Pangdam XVII /Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan kepada ANTARA di Jayapura, Jumat.

Selama satgas yonif bertugas di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, kata Pangdam Cendrawasih, hubungan mereka dengan masyarakat sangat baik.

"Tidak pernah ada keluhan terkait perilaku keras terhadap masyarakat, dan video itu masih kami konfirmasi," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan.

Secara terpisah, Kepala Perwakilan Kantor Komnas HAM Papua Frits Ramanday mengaku, sedang berkoordinasi dengan Pangdam XVII/Cenderawasih, mengingat bukti petunjuk yang terlihat di video tersebut pelakunya diduga anggota TNI.

"Kami akan menelusuri kasus tersebut untuk mengetahui siapa korban dan TKP serta pelaku nya dari mana, penyiksaan yang dilakukan diluar batas peri kemanusiaan sehingga pelakunya harus diproses hukum," kata Frits Ramanday.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024