Kupang (ANTARA) - PT. Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang melaporkan bahwa bandara internasional tersebut kini menambah rute penerbangan baru setelah maskapai penerbangan Lion Air membuka rute tersebut dari Kupang-Makassar pulang pergi (PP).

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang Lilik Pujianto di Kupang, Jumat, menjelaskan bahwa rute yang dilayani oleh Lion Air adalah rute baru.

“Kami bersyukur karena mitra strategis kami yakni maskapai perlahan mulai pulih pascapandemi yang ditandai dengan pembukaan rute baru," kata Lilik.

Menurut dia, dengan hadirnya rute ke Makassar, Kupang semakin terkoneksi dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Harapannya adalah memudahkan pengguna jasa yang akan bepergian menuju Kupang maupun sebaliknya.

Dia merincikan salah satu maskapai penerbangan terbesar di Indonesia itu mengoperasikan rute baru tersebut dengan frekuensi penerbangan sebanyak empat kali seminggu yaitu pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Dia menjelaskan bahwa penerbangan pertama rute Kupang-Makassar dengan nomor penerbangan JT 848 menggunakan pesawat Boeing 737-900 ER berkapasitas 164 kursi sudah dilakukan pada Kamis (21/03) kemarin pukul 13.50 WITA. Pada penerbangan tersebut terdapat sejumlah 164 penumpang..

Dirinya menambahkan, pihaknya selaku pengelola bandara akan senantiasa mendukung operasional setiap maskapai yang akan membuka penerbangan perdana.

"Di masa pemulihan sektor aviasi, kami terus mengajak kepada maskapai untuk berkolaborasi guna membuka peluang kerjasama dan pembukaan rute-rute strategis di Bandara Internasional El Tari - Kupang kami siap memberikan dukungan khususnya untuk kelancaran operasionalnya," tambah dia.

Lebih lanjut kata dia, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional El Tari Kupang tetap berkomitmen untuk menghadirkan beragam pilihan rute bagi pengguna jasa penerbangan .

Rute baru yang sudah dibuka oleh Lion Air ujar dia diharapkan akan berdampak juga pada penambahan rute baru kedepannya. Selain itu dengan penambahan rute baru tersebut juga tentu saja pelayanan di bandara akan semakin padat.

Dia mengatakan bahwa pada Rabu (20/3) lalu, jumlah pesawat yang tiba di bandara itu mencapai 18 unit pesawat baik Boeing dan ATR. Sementara yang berangkat berjumlah 20 unit pesawat.

Dengan adanya penambahan rute penerbangan itu tentunya akan menambah lagi jumlah pesawat per harinya yang berangkat maupun tiba di bandara El Tari Kupang.
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024