Makassar (ANTARA) - Sebanyak 11 dari 12 orang korban selamat dari musibah Kapal Motor (KM) Yuiee Jaya 02 yang tenggelam dan terdampar di perairan Selayar akhirnya dipulangkan melalui ibu kota Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan.

Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif dalam keterangan yang diterima di Makassar, Jumat, mengatakan 11 korban selamat dipulangkan dengan menggunakan KN SAR Kamajaya 104 yang merapat di Pelabuhan Benteng, Kamis (21/3) sore sekitar pukul 16.30 Wita.

Sedangkan satu korban selamat lainnya yakni Sang Kapten Kapal diketahui sudah berada di Makassar.

Saiful Arif mengucapkan terima kasih kepada Tim SAR dan semua komponen yang telah melakukan upaya pencarian semaksimal mungkin, baik dari TNI, Polri, camat dan seluruh kepala desa dan masyarakat setempat.

"Korban selamat sudah kita terima dan kami fasilitasi untuk menginap di Selayar, selanjutnya korban diantar ke Makassar," ucapnya.

Saiful Arif mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sudah menunggu korban selamat untuk difasilitasi dan dipulangkan ke daerah asal mereka di Pekalongan, Jawa Tengah.

Orang nomor dua di Kabupaten Kepulauan Selayar ini menyampaikan permohonan maaf jika selama pencarian korban ada hal-hal yang kurang maksimal dari segala keterbatasan.

Sedangkan Camat Takabonerate Andi Caco Amras yang mendampingi pemulangan korban menyebutkan, dari total korban sebanyak 35 orang, 12 di antaranya ditemukan selamat, dan lima orang sudah dalam keadaan meninggal. Sementara 18 korban lainnya belum diketahui nasibnya.

Kendati Basarnas sudah menghentikan pencarian, namun Camat Takabonerate masih memerintahkan kepada nelayan dan masyarakat di wilayahnya untuk terus memantau perairan di wilayah Takabonerate, di mana korban paling banyak terdampar.

Baca juga: Tim SAR kembali temukan satu jasad korban kapal tenggelam di Selayar

Baca juga: Operasi SAR pencarian korban Kapal Yuiee II di Selayar ditutup


Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024