Pasti akan ada peningkatan aktivitas perdagangan di Sulut jelang Lebaran, jadi kami imbau warga lebih bijak, dan cermat menerima uang.
Manado (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) mengimbau warga agar bijak berbelanja dan mencermati keaslian uang rupiah menjelang Lebaran 2024, khususnya di Sulawesi Utara (Sulut).

"Pasti akan ada peningkatan aktivitas perdagangan di Sulut jelang Lebaran, jadi kami imbau warga lebih bijak, dan cermat menerima uang," kata Kepala BI Perwakilan Sulut Andry Prasmuko, di Manado, Jumat.

Andry mengatakan sama-sama mengantisipasi adanya oknum yang tidak bertanggung jawab menyebar uang palsu di saat ramainya transaksi perdagangan.

Pada Ramadhan dan Idul Fitri ini, BI mengimbau masyarakat di Sulut untuk bijak berbelanja dan mencermati ciri-ciri keaslian uang rupiah dengan senantiasa menerapkan 3D, yakni dilihat, diraba, dan diterawang.

Belanja bijak diwujudkan dengan belanja sesuai kebutuhan tidak berlebihan, memastikan kualitas setara dengan harga, dan tidak menimbun pembelian.

Andry mengatakan juga prioritaskan belanja produk dalam negeri khususnya produk pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta mengalokasikan dana secara tepat yakni berhemat dan menabung.

Sesuai dengan tema Ramadhan/Idul Fitri yang diusung tahun ini yang merefleksikan ajakan tersebut, yakni "Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi): Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah".
Baca juga: BI tingkatkan sosialisasi keaslian rupiah
Baca juga: BI Maluku sosialisasi keaslian uang rupiah di Buru Selatan

Pewarta: Nancy Lynda Tigauw
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024