Kami terus melakukan persiapan untuk bisa melayani penumpang secara maksimal pada masa mudik dan balik Angkutan Lebaran 2024
Jember, Jawa Timur (ANTARA) - Sebanyak 72 armada kereta dan 10 armada lokomotif di wilayah PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 9 Jember siap melayani pemudik selama masa angkutan Lebaran pada 31 Maret hingga 21 April 2024.

"Kami terus melakukan persiapan untuk bisa melayani penumpang secara maksimal pada masa mudik dan balik Angkutan Lebaran 2024," kata Manager Hukum dan Humas KAI Daop 9 Jember, Cahyo Widiantoro di Kantor Daop setempat, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya telah mempersiapkan sarana yang berupa armada kereta sebanyak 72 kereta dan 10 armada lokomotif untuk tetap andal melayani penumpang selama masa angkutan Lebaran 2024.

"Hari ini dilakukan perawatan periodik terhadap lokomotif seri CC 2018354 yang nanti akan digunakan untuk melayani penumpang pada Angkutan Lebaran agar keandalannya terjaga," tuturnya.

Menurutnya semua sarana di wilayah Daop 9 Jember baik lokomotif maupun kereta telah selesai dilakukan perawatan sesuai jadwal periodik, sehingga pada saat angkutan Lebaran nanti bisa dimaksimalkan untuk melayani penumpang.

Tidak hanya memaksimalkan perawatan periodik, lanjut dia, sebelumnya pada 4-8 Maret 2024 pihak tim dari Ditjen Perkeretaapian juga telah melakukan observasi lapangan (rampcheck) terhadap sarana yang dimiliki oleh Daop 9 Jember.

"Hasilnya 10 lokomotif dan 72 armada kereta dinyatakan telah memenuhi persyaratan dan layak untuk dioperasionalkan pada angkutan Lebaran 2024," tuturnya.

Cahyo menjelaskan pihak manajemen KAI Daop 9 Jember juga melakukan inspeksi mendadak terkait kondisi sarana yang sedang operasional maupun yang sedang stabling untuk perawatan guna melihat kondisi kereta secara langsung.

"Mulai dari kebersihan, kesejukan alat pendingin udara, termasuk ketersediaan alat keselamatan seperti palu pemecah kaca darurat serta Alat Pemadam Api Ringan (APAR)," katanya.

Ia mengatakan KAI terus berupaya mewujudkan komitmen sebagai moda transportasi yang aman dan nyaman dengan mempersiapkan, sehingga para penumpang dapat mudik dengan ceria dan penuh makna untuk bertemu sanak keluarga pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Baca juga: KAI Jember menyediakan 420 tiket promo saat angkutan Lebaran
Baca juga: KAI lakukan inspeksi pastikan kesiapan angkutan Lebaran di Jember
Baca juga: Daop Jember operasikan kembali KA Mutiata Timur jelang Lebaran

 

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024