Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Lampung menyalurkan bantuan sembako secara serentak di 15 kabupaten dan kota dengan jumlah 31.022 paket.

"Ini adalah kontribusi kami dari Lampung dalam kegiatan Festival Ramadhan yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia oleh Kemenag RI," kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung Puji Raharjo di Bandarlampung, Jumat.

Baca juga: Kemenag Lampung catat 38.267 UMKM telah miliki sertifikat halal

Dia mengatakan bahwa paket sembako yang terkumpul di Lampung merupakan sumbangsih dari Kantor Kemenag yang ada di kabupaten dan kota, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan lembaga amil zakat di masyarakat.

"Sasaran penerima bantuan ini adalah kaum dhuafa, masyarakat kurang mampu dan korban bencana," kata dia.

Puji mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan sembako ini dimulai sejak hari ini ke masyarakat terdekat yang berada di lingkungan sekitar kantor Kemenag di 15 kabupaten dan kota.

"Sekarang sudah mulai didistribusikan. Bila belum tersalurkan semua hari ini, besok dilanjutkan hingga terdistribusi seluruh paket sembako ini kepada yang berhak," kata dia.

Ia mengatakan bahwa bantuan paket sembako yang dikumpulkan oleh Kemenag dari sumbangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkungannya guna mendukung program satu juta lebih paket sembako secara nasional.

Baca juga: BPJH ajak forum IMG-GT perkuat inovasi di bidang jaminan produk halal

Baca juga: Kemenag telah terjemahkan Al Quran dalam 26 bahasa daerah


"Jadi, memang kami minta ASN berkontribusi minimal berbagi satu paket sembako dalam kegiatan ini," kata dia.

Kakanwil menyebutkan bahwa isi paket sembako tersebut, antara lain beras, gula pasir, minyak goreng dan mie instan. "Harapan kami paket sembako ini dapat meringankan saudara-saudara kita yang membutuhkan," kata dia.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024