Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini hujan sedang hingga lebat disertai petir pada Sabtu, bagi sejumlah wilayah di Indonesia, yaitu Bangka Belitung, Banten, Bengkulu, Gorontalo, Jawa Timur, dan Kalimantan Tengah.

Peringatan yang sama juga diberikan BMKG kepada Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Maluku, Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan,

Adapun hujan lebat diperkirakan terjadi di Lampung dan Sumatera Utara.

BMKG juga mengingatkan risiko hujan yang disertai petir kilat berdurasi singkat di Bali, DKI Jakarta, Jawa barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, dan Nusa Tenggara Timur.

Baca juga: Sabtu siang Jakarta Selatan dan Timur diguyur hujan

Sebagian besar kota-kota di Indonesia diperkirakan berawan pada siang hari, yaitu Banda Aceh, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Jambi, Bandung, Banjarmasin, Tarakan, dan Manado.

Adapun sejumlah kota diperkirakan berawan sepanjang hari, seperti Mamuju, Palembang, dan Serang.

Sebagian kecil berisiko hujan petir pada siang hari, yaitu Kupang, Bandar Lampung, Pontianak. Adapun Pontianak diperkirakan akan diguyur hujan petir pada dini hari juga.

Hujan ringan diperkirakan turun di sejumlah kota, yaitu Medan, Padang, Kendari, Pekanbaru, Manokwari, Gorontalo, Palangkaraya, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Ambon, Ternate, Mataram, dan Jayapura.

Kota Jayapura diperkirakan hujan dari siang hingga dini hari, dengan hujan ringan pada siang dan dini hari serta hujan sedang pada malam hari.

Hujan ringan diperkirakan turun pada siang di sejumlah kota, yaitu Denpasar, Serang, Yogyakarta, Jambi, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Tanjung Pinang, Mataram, Jayapura, Manokwari, Mamuju, Kendari, dan Padang.

Adapun di DKI Jakarta, seluruh kota diperkirakan berawan atau cerah berawan pada malam hari. Selain itu, seluruh kota berawan pada malam hari.

Sementara itu pada siang hari, Jakarta Barat dan Jakarta Pusat berawan, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur hujan ringan, dan Kepulauan Seribu serta Jakarta Utara cerah berawan.

Baca juga: BMKG: Penyeberangan laut di Pulau Jawa aman setelah gempa beruntun

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024