Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah DKI Jakarta mengimbau para demonstran yang berunjukrasa di kawasan DKI Jakarta tetap menjaga kebersihan dengan membawa kantong plastik sebagai tempat sampah.

"Silakan demo, silakan unjuk rasa asal sampahnya jangan dibuang sembarangan, kalau perlu bawa kantong plastik dari rumah untuk tempat sampah," kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Unu Nurdin saat dihubungi Antara News di Jakarta, Senin.

Terkait aksi demonstrasi buruh yang puncaknya jatuh pada Kamis (31/10), Unu mengatakan Dinas Kebersihan akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk meminta buruh membawa kantong sampah sendiri saat beraksi.

"Jadi selain nanti mereka mengantongi ijin dari polisi dan sebagainya untuk melakukan unjuk rasa, saya minta mereka juga disyaratkan membawa kantong plastik," katanya.

Unu mengimbau agar para pengunjuk rasa nantinya bisa lebih tertib dan disiplin, tidak membuang sampah sembarangan.

"Kalau buang sampah sembarangan, misalnya bungkus nasi, lalu terlindas mobil, maka tingkat pembersihannya akan semakin sulit, kasihan petugasnya, kalau nanti tidak ketemu tong sampah, taruh saja sampahnya di plastik-plastik, nanti akan ada petugas yang mengangkutnya," kata dia.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013