Hamilton, Kanada (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres akan melakukan "perjalanan solidaritas" ke Mesir dan Yordania untuk merayakan bulan suci umat Islam, Ramadan.

Perjalanan ke negara-negara Muslim itu sudah menjadi tradisi bagi Guterres ​​​​​​​setiap Ramadan. Tahun lalu, dia mengunjungi Somalia.

"Dalam beberapa jam, Sekjen akan tiba di Kairo, Mesir. Dia akan memulai perjalanan solidaritas Ramadan tahunan, yang tahun ini dilakukan pada masa yang penuh gejolak dengan konflik di Gaza," ujar Farhan Haq, wakil juru bicara Sekjen PBB, dalam konferensi pers.

Haq mengatakan bahwa Guterres akan mengunjungi bagian utara Semenanjung Sinai dan perbatasan Rafah dengan Jalur Gaza, selain bertemu dengan petugas bantuan kemanusiaan.

Guterres juga akan mengikuti jamuan buka puasa (iftar) di Kairo bersama para pengungsi dari Sudan dan bertemu para pejabat Mesir.

Di Yordania, dia akan mengunjungi fasilitas badan PBB untuk pengungsi Palestina, UNRWA.

"Dia juga akan mengikuti iftar Ramadan bersama pengungsi Palestina dan staf PBB di ibu kota Yordania," kata Haq. "Sekjen dijadwalkan bertemu dengan para pejabat Yordania di Amman."

Sumber: Anadolu

Baca juga: Sekjen PBB desak penyelidikan dugaan Israel targetkan warga sipil Gaza
Baca juga: Sekjen PBB serukan Israel perlu pastikan akses kemanusiaan di Gaza

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024