Jakarta (ANTARA) - Ajang balap sepeda Maybank Cycling Series Il Festino 2024 akan digelar pada 5 Mei mendatang, dengan menyajikan rute baru yang lebih indah di Yogyakarta.

Balap sepeda ini rencananya akan diikuti oleh ratusan pesepeda dari dalam dan luar negeri, seperti dari Australia, Singapura, dan Thailand. Ajang ini sebelumnya juga sudah pernah diselenggarakan di kota yang sama pada 2022 silam.

Selain melangsungkan balap sepeda, Maybank Cycling Series II juga akan dimeriahkan acara-acara lainnya, seperti Social Ride yang akan berlangsung di sepuluh kota.

“Kami optimistis Maybank Cycling Series II Festino 2024 ini akan memberi dampak positif bagi peminat olahraga balap sepeda di Indonesia yang dapat meningkatkan semangat para cyclists yang mengikuti ajang tersebut,” kata Technical Director II Festino Raditya Pratama, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Sebagai penyelenggara, kami berharap ajang ini juga dapat memberikan pengalaman yang berbeda, khususnya dengan pemilihan kota dan rute yang menarik,” tambahnya.

Untuk memeriahkan penyelenggaraan ajang ini, beberapa nama pesepeda internasional juga akan berpartisipasi, mulai dari Kunlaporn Charoensuk atau Muzcali (Thailand), Lalabelle, hingga Atika Abubakar.

Untuk kategori yang dipertandingkan pada balap sepeda, terdapat dua kategori yakni Gran Frondo dengan jarak tempuh 130 kilometer, dan Medio Fondo dengan jarak tempuh 80 kilometer.

Penyelenggaraan ajang ini juga tidak lepas dari kerja sama dengan Indonesiam Cycling Federation (ICF), yang bertindak sebagai Race Director untuk mengurusi homologasi rute dan perangkat perlombaan.

Selain menyelenggarakan balap sepeda, ajang ini juga ingin mengajak warga masyarakat untuk semakin memperhatikan lingkungan. Pihak panitia penyelenggara mengklaim mereka akan menerapkan manajemen limbah, yakni dengan mengumpulkan seluruh sampah yang dihasilkan dari penyelenggaraan acara untuk kemudian dikelola agar tidak mencemari lingkungan.

Para pengusaha lokal juga diharapkan dapat memetik manfaat dengan adanya ajang ini, sebab Il Festino akan menyediakan booth atau gerai khusus untuk mendukung pelaku program pemberdayaan UMKM pada saat pembagian race pack Collection 4 Mei mendatang, serta saat balapan berlangsung sehari kemudian.

Baca juga: Indonesia jadi tuan rumah ARRC 2025

Baca juga: KOI: Pembalap sepeda Bernard Van Alert berpeluang besar lolos ke Paris

Baca juga: Polisi bubarkan balap liar, amankan 120 motor di Lampung Selatan


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024