Denpasar (ANTARA) -
Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Bambang Trisnohadi meminta prajurit Udayana untuk memperkuat kesatuan dengan masyarakat, profesional dalam bekerja, berkarakter dan dicintai rakyat dengan berperan aktif mengatasi permasalahan di wilayah maupun kesulitan rakyat di sekitarnya.
 
"Perkuat ikatan emosional dengan masyarakat melalui komunikasi sosial yang efektif dengan memanfaatkan media sebagai sarana publikasi," kata Pangdam IX/Udayana dalam arahannya kepada para Prajurit dan PNS Korem 163/Wira Satya, sebagaimana dikutip dari keterangan yang diterima di Denpasar, Sabtu.
 
Dalam arahannya kepada para Prajurit dan PNS Korem 163/Wira Satya di Aula Korem 163/Wira Satya, Jalan PB Sudirman, Denpasar, Bambang mengatakan sebagai satuan komando kewilayahan, keberadaan Korem 163/Wira Satya harus dapat berkontribusi positif dan diterima keberadaannya oleh masyarakat.
 
Selaku Pangdam, dirinya berharap bahwa Kodam IX/Udayana menjadi Kodam yang mampu, hadir dan mengabdi untuk rakyat. Karena itu perlu ditopang oleh semangat yang kuat dari semua prajurit untuk mengabdi kepada rakyat sesuai jati diri yaitu “Praja Raksaka” yang bermakna Prajurit Pengayom dan Pelindung Rakyat.
 
Pangdam menjelaskan secara geografis, wilayah Korem 163/Wira Satya memiliki ciri khusus sebagai daerah destinasi wisata yang berskala internasional dengan kearifan lokal adat budaya yang masih sangat kuat.

Hal itu membawa pengaruh terhadap proses manajemen teritorial dalam mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh bagi kepentingan pertahanan negara yang bermuara pada kesejahteraan rakyat dan ketahanan wilayah.
 
Pangdam Udayana berharap kepada seluruh prajurit Korem 163/Wira Satya untuk tetap menjalin kerja sama yang erat dengan segenap komponen masyarakat dalam setiap pelaksanaan tugas.
 
Hal itu penting mengingat dalam waktu dekat Kodam Udayana akan kembali dihadapkan dengan kegiatan Internasional, yaitu World Water Forum (WWF) ke-10 pada 18-25 Mei 2024 di Nusa Dua, Bali.
 
Karena itu, Pangdam memerintahkan Danrem dan Para Perwira, untuk senantiasa peka terhadap setiap permasalahan dan kesejahteraan prajurit karena akan berdampak pada moril dan disiplin kerja.
 
"Laksanakan pembinaan satuan secara maksimal serta upayakan pemenuhan kekurangan komponen pembinaan satuan sesuai dengan skala prioritas kebutuhan organisasi guna mewujudkan satuan yang siap operasional," kata Bambang Trisnohadi.
 
Pangdam Udayana mengaku bangga dengan anggota Korem 163/Wira Satya atas prestasi-prestasi yang diraih pada tingkat Angkatan Darat beberapa waktu yang lalu.
 
Korem 163/Wira Satya beserta jajarannya telah tercatat dalam keberhasilan mendukung pengamanan kegiatan berskala Internasional, seperti KTT AIS tahun 2023, pengamanan VVIP kunjungan kerja Presiden RI dan banyak kegiatan lainnya yang patut diapresiasi.
 
Selain itu, Kodim 1616/Gianyar yang beberapa waktu lalu telah berhasil meraih penghargaan dalam kegiatan lomba pembersihan saluran air pada peringatan Hari Juang TNI AD tahun 2023 dan penghargaan dari Kasad juga diraih oleh Kodim 1609/Buleleng yang berhasil meraih prestasi sebagai Juara 3 Kampung Pancasila Kategori Kota yang dilombakan pada tingkat Angkatan Darat.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024