Selama bulan Ramadhan bertepatan dengan musim hujan, sehingga kami mengantisipasi gangguan akibat petir dengan pemasangan arrester
Cianjur (ANTARA) - PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Cianjur, Jawa Barat, menempatkan petugas khusus Pekerja Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) untuk memberikan pelayanan andal guna memastikan pasokan listrik aman selama Ramadhan 1445 H.

Manajer PLN UP3 Cianjur, Andre Pratama Djatmiko di Cianjur, Sabtu, mengatakan tim khusus PDKB bertugas untuk melakukan kegiatan pemeliharaan listrik tanpa padam demi meningkatkan kenyamanan pelanggan.

“Selama bulan Ramadhan bertepatan dengan musim hujan, sehingga kami mengantisipasi gangguan akibat petir dengan pemasangan arrester guna melindungi peralatan pada jaringan listrik dari suara petir atau gejala tegangan berlebih secara mendadak,” katanya.

Andre menjelaskan, PDKB merupakan tim khusus yang berisikan orang pilihan yang sudah dibekali kompetensi khusus untuk menangani kegiatan pemeliharaan, perbaikan, penggantian isolator dan konduktor serta komponen lainnya pada jaringan listrik tanpa harus memadamkan listrik.

Mereka adalah garda terdepan PLN dalam menjaga pasokan listrik yang berkualitas dan andal, pemeliharaan jaringan dengan memberdayakan tim PDKB merupakan ikhtiar PLN untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik tanpa meninggalkan aspek pelayanan prima bagi pelanggan.

Baca juga: PLN siaga atasi gangguan listrik selama proses pemilu di Cianjur

Baca juga: PT PLN berikan sambungan listrik untuk 952 KK di Cianjur


"Selama ini pekerjaan pemeliharaan dapat dilakukan tanpa pemadaman sehingga tidak mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari, terlebih selama bulan puasa, sehingga warga tetap dapat menjalankan berbagai kegiatan keagamaan tanpa terganggu pasokan," katanya.

Dia menuturkan, selama bulan puasa tim PDKB terus berupaya memelihara keandalan jaringan listrik bahkan dari awal tahun 2024 sampai dengan hari ini, tim PDKB PLN UP3 Cianjur telah berhasil menyelamatkan 264.260 kWh atau setara dengan Rp244.881.891 (Rp244,88 juta) dalam pemeliharaan jaringan listrik tanpa padam.

General Manager PLN UID Jabar, Susiana Mutia mengatakan kewajiban menjaga pasokan listrik demi mendukung kenyamanan umat Muslim dalam beribadah di bulan suci Ramadhan merupakan tugas utama PLN di seluruh Indonesia termasuk di Cianjur.

Pihaknya mencatat jumlah lokasi Siaga Hari Raya Idul Fitri 1445 H di UID Jabar sebanyak 536 lokasi prioritas yang terdiri dari 97 lokasi Masjid, 57 zona transportasi, 59 zona pertahanan, 39 zona pemerintahan, 136 rumah sakit, 42 lokasi wisata dan 106 pusat perbelanjaan yang tersebar di 17 UP3.

"PLN UID Jabar menyiapkan juga kendaraan operasional untuk Siaga Idul Fitri 2024 sebanyak 392 mobil dan 93 motor operasional, didukung peralatan penunjang distribusi 156 UGB, 16 UPS, 11 UKB, 9 Deteksi, 15 Crane, dan 98 Genset," katanya.

Baca juga: PLN Mengajar bantu pulihkan trauma anak-anak korban gempa Cianjur

Baca juga: PLN jaga pasokan listrik di 332 hunian sementara pascagempa Cianjur

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024