Ankara (ANTARA) - Beberapa negara di Eropa menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban yang tewas atau terluka dalam insiden penembakan dan ledakan di sebuah gedung konser di Moskow, Rusia, pada Jumat (22/3).

Sejumlah pria bersenjata menewaskan 93 orang dan melukai 143 lainnya dalam serangan yang terjadi di gedung Crocus City Hall itu.

"Gambar-gambar serangan mengerikan terhadap orang-orang tak berdosa di Crocus City Hall dekat #Moskow sungguh mengerikan. Latar belakangnya harus segera diselidiki. Kami turut berduka cita sedalam-dalamnya kepada keluarga para korban," kata Kementerian Luar Negeri Jerman di platform X.

Pada platform yang sama, Kemlu Perancis mengatakan bahwa "pikiran kami bersama para korban dan korban luka, serta rakyat Rusia. Semua perhatian harus diberikan kepada tindakan keji tersebut."

Menteri Luar Negeri Italia Antonio Tajani mengatakan di platform X bahwa unit krisis kementerian sedang memantau situasi setelah serangan itu.

Dia juga mengutuk “segala bentuk terorisme” dan menyuarakan solidaritas terhadap keluarga korban.

Kemlu Slovenia mengatakan "tidak ada alasan untuk membunuh warga sipil yang tidak bersalah."

Presiden Serbia Aleksandar Vucic juga menyampaikan duka cita bagi para koran serangan tersebut, yang menurutnya akan menimbulkan konsekuensi besar yang tidak dapat diperkirakan.

“Pertama-tama, saya ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada warga Federasi Rusia, kepada pemerintah Rusia, dengan harapan para teroris yang melakukan kekejaman yang begitu mengerikan akan diadili: ditangkap atau dihukum mati,” katanya di stasiun TV Prva.

Juru bicara Uni Eropa Peter Stano mengatakan di platform X bahwa blok ekonomi tersebut "terkejut dan merasa ngeri dengan laporan serangan teroris" di Moskow.

"Uni Eropa mengutuk segala bentuk serangan terhadap warga sipil. Kami ikut prihatin dengan semua warga Rusia yang terkena dampaknya," kata dia.

Spanyol mengutuk "segala bentuk kekerasan" dan mengungkapkan kekecewaan "dengan kabar yang datang dari Rusia."

“Solidaritas kami tertuju pada para korban, keluarga mereka, dan rakyat Rusia,” kata Kemlu Spanyol di X.

Insiden tersebut terjadi di Krasnogorsk, pusat administrasi wilayah Moskow, di mana kelompok musik Picnic tampil di Crocus City Hall, menurut informasi awal.

Sebuah ledakan juga dilaporkan dari tempat tersebut, yang menyebabkan kebakaran besar. Kementerian Darurat Rusia mengatakan sekitar sepertiga bangunan itu habis dilalap api.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Korban jiwa serangan di gedung konser Moskow bertambah jadi 93 jiwa
Baca juga: Indonesia kecam serangan teroris di gedung konser Rusia

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024