Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto melaju ke babak final Swiss Open 2024 setelah mengalahkan kompatriotnya, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di partai semifinal, Sabtu.

Lanny/Ribka menang atas unggulan pertama melalui rubber game 13-21, 21-10, 23-21 dalam tempo 74 menit.

Mengenai jalannya pertandingan, Apri/Fadia tampil begitu mendominasi pada gim pertama. Meskipun perebutan angka berlangsung sengit di awal gim, selepas interval gim pertama 11-8, Apri/Fadia mampu mempertahankan performa mereka dengan tidak memberikan kesempatan bagi Lanny/Ribka untuk mengembangkan permainan.

Lanny/Ribka pun kesulitan untuk mengejar ketertinggalan mereka dari pasangan ganda putri peringkat sembilan dunia tersebut, hingga akhirnya Apri/Fadia membungkus kemenangan gim pertama dengan skor 21-13.

Di gim kedua, Lanny/Ribka tampil lebih solid dan konsisten, sehingga jalannya pertandingan pun menjadi berbalik kedudukan dari gim sebelumnya.

Apri/Fadia terlihat cukup banyak melakukan kesalahan sendiri yang membuat Lanny/Ribka mendapatkan poin-poin mudah. Pasangan peringkat 32 dunia itu pun kemudian memanfaatkan kesempatan itu dan semakin memperlebar jarak poin mereka dari Apri/Fadia. Mulai dari 11-4, 15-6, 18-8, hingga mereka memaksakan rubber game setelah memenangkan gim kedua 21-10.

Gim pamungkas pun berlangsung lebih seru, dimana kedua pasangan saling berebut poin sejak pertandingan dimulai. Apri/Fadia sempat unggul di awal gim 10-5, tapi, Lanny/Ribka tak jatuh dalam tekanan dan merebut interval dengan skor ketat 11-10.

Sisa pertandingan pun kembali berlangsung sengit. Namun, Lanny/Ribka mampu mempertahankan keunggulan sementara hingga 16-12, sebelum akhirnya Apri/Fadia mengejar dan menyamakan kedudukan 16-16.

Beberapa kali papan skor menunjukkan angka sama. Matchpoint pertama diraih oleh Lanny/Ribka 20-18, dan Apri/Fadia menyamakan skor 20-20. Dengan kesabaran, akhirnya Lanny/Ribka membungkus kemenangan di semifinal 23-21 dan berhak maju ke babak final esok.

Sementara itu, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri baru saja menyusul langkah Lanny/Ribka ke babak final turnamen BWF Super 300 setelah mengalahkan ganda putra Indonesia lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin 21-19, 21-15.

Masih ada ganda putra lainnya, Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani yang akan berhadapan dengan pasangan unggulan Inggris Ben Lane/Sean Vendy di babak semifinal.

Lebih lanjut, tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung akan bertemu dengan wakil Jepang Nozomi Okuhara untuk memperebutkan tempat di babak pamungkas.

Baca juga: Ganda putri Indonesia turut amankan satu tempat di final Swiss Open

Baca juga: Jadwal Sabtu: Sprint MotoGP hingga Indonesia di semifinal Swiss Open

Baca juga: Ganda putra Indonesia pastikan satu tempat di final Swiss Open 2024


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024