Jakarta (ANTARA) -
Sejumlah berita humaniora dalam sepekan masih menarik untuk kembali disimak pada Minggu, mulai dari Gunung Semeru erupsi sebanyak tiga kali hingga gempa bumi di Tuban.
 
Berita-berita tersebut dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.


1. Gunung Semeru erupsi tiga kali dalam kurun waktu tiga jam

Gunung Semeru yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur erupsi sebanyak tiga kali pada Sabtu (23/3) pagi dalam kurun waktu tiga jam.

Erupsi pertama terjadi pada pukul 05.44 WIB, kemudian erupsi kedua terjadi pada pukul 07.28 WIB dan ketiga pada pukul 08.07 WIB, sepanjang pagi ini tercatat tiga kali erupsi.

Selengkapnya baca di sini.

2. PBNU ajak masyarakat kembali bersatu usai penetapan hasil Pemilu 2024

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf mengajak semua pihak untuk bersatu kembali setelah dilakukan penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/3), KH Yahya Cholil Staquf mengatakan untuk menjalani Pemilu 2024 sebagai prosedur menjalankan hak pilih, bukannya pertarungan habis-habisan beberapa pihak.

Selengkapnya baca di sini.

3. Kementerian PUPR anggarkan dana normalisasi Sungai Wulan Rp900 miliar

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia segera melakukan program normalisasi Sungai Wulan sepanjang 30 kilometer dengan anggaran sebesar Rp900 miliar.

"Saat ini baru tahap tender proyek tersebut. Nantinya dibagi menjadi tiga paket kegiatan," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Bob Arthur Lombogia ditemui di sela meninjau pengerjaan tanggul kiri Sungai Wulan di Jembatan Tanggulangin perbatasan Kudus dan Demak, Jumat (22/3).

Selengkapnya baca di sini.

4. BRIN sebut tak ada kaitan banjir dengan isyarat kemunculan Selat Muria

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyatakan peristiwa banjir besar yang merendam Demak hingga Kudus tak ada kaitan dengan isyarat kemunculan kembali Selat Muria.

Peneliti Pusat Riset Kebencanaan Geologi Eko Soebowo saat dihubungi di Jakarta, Rabu (20/3), menjelaskan bahwa banjir yang terjadi murni pengaruh alam akibat kondisi cuaca ekstrem.

Selengkapnya baca di sini.

5.​​​​​​​Gempa Tuban getarkan sejumlah daerah di Pulau Jawa hingga skala IV

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan sejumlah daerah di Pulau Jawa mengalami getaran berkekuatan skala intensitas III-IV MMI akibat gempa bumi yang berpusat di wilayah Tuban, Jawa Timur, pada Jumat (22/3) siang pukul 11.22 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Daryono di Jakarta, Jumat (22/3), menginformasikan gempa berkekuatan 6 magnitudo yang berpusat di laut 132 kilometer timur laut Kota Tuban itu membawa dampak getaran hingga skala intensitas III-IV (MMI).

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024