Jakarta (ANTARA) - Lima berita pilihan ekonomi pada Sabtu (23/3) masih menarik untuk dibaca hari ini, Minggu, mulai dari pengambil alihan ruang udara Natuna dari Singapura, Menteri Perdagangan ingatkan pengusaha SPBU agar tak main curang, imbauan Kemenhub agar tidak mudik dengan motor, reaktivasi Lapangan Camar Bawean guna meningkatkan produksi migas, serta nilai tambah dari Harga Gas Bumi Tertentu(HGBT).

Berikut beritanya:

Menko Luhut sebut RI ambil alih ruang udara Natuna dari Singapura

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa organisasi penerbangan sipil internasional (ICAO) telah menyetujui proposal pengalihan flight information region (FIR) dari Singapura ke Indonesia.

“Sedikit informasi, dahulu Singapura memiliki kendali atas ruang udara di atas wilayah Kepulauan Riau dan Natuna pada ketinggian 0–37 ribu kaki,” ujar Luhut, dikonfirmasi ANTARA dari Jakarta, Sabtu.

Baca berita selengkapnya

Mendag: Pengusaha SPBU jangan main curang karena bisa disanksi pidana

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan agar pengelola atau pengusaha Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) tidak main curang yang bisa merugikan konsumen, karena bisa terancam sanksi pidana.

"Seluruh SPBU di manapun berada, kita akan cek semuanya di seluruh Indonesia. Jangan main-main. Jangan main curang. Jangan tambah alat, jangan mengakali, merugikan konsumen, karena itu pidana," kata Mendag, saat penyegelan tiga dispenser SPBU di rest area KM 42 Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Kabupaten Karawang, Jabar, Sabtu.

Baca berita selengkapnya

Kemenhub imbau masyarakat tak pakai sepeda motor saat mudik jarak jauh

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan sepeda motor ketika mudik ataupun balik saat libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah, demi mencegah adanya kecelakaan lalu lintas.

“Jadi memang menurut kami motor itu memang tidak layak untuk mudik khususnya untuk perjalanan jarak jauh,” kata Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Sesditejen Hubdat) Kemenhub Amirulloh di Jakarta, Sabtu.

Baca berita selengkapnya

SKK Migas-PEB reaktivasi Lapangan Camar WK Bawean pacu produksi migas

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Prima Energi Bawean (PEB) menyelesaikan rangkaian kegiatan reaktivasi Lapangan Camar Wilayah Kerja (WK) Bawean.

Lapangan tersebut terletak di utara Laut Jawa Timur, sekitar 90 kilometer (km) dari Surabaya yang telah vakum selama tiga tahun.

Baca berita selengkapnya

Kemenperin: Nilai tambah perekonomian dari HGBT capai Rp157 triliun

Kementerian Perindustrian mengatakan nilai tambah ekonomi yang diperoleh dari kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) bagi perekonomian nasional mencapai Rp157,20 triliun.

Angka tersebut merupakan keuntungan tiga kali lipat yang didapatkan dari modal keuangan negara yang dikeluarkan pada tahun 2021-2023 untuk program HGBT, yakni sebesar Rp51,04 triliun.

Baca berita selengkapnya

Pewarta: Ahmad Muzdaffar Fauzan
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024