Jakarta (ANTARA) - Kantor Berita ANTARA telah mewartakan berbagai peristiwa politik dalam sepekan terakhir, mulai dari KPU RI menetapkan hasil Pemilu 2024 hingga Calon Presiden RI Prabowo Subianto bertemu dengan tokoh dari kubu rivalnya, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Berikut rangkuman berita politik sepekan untuk kembali Anda simak.

1. KPU RI tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres RI 2024-2029

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

"Hasil Pemilihan Umum secara nasional sebagaimana dimaksud dalam Diktum Kesatu sampai dengan Diktum Kelima ditetapkan pada hari Rabu tanggal 20 bulan Maret tahun 2024 pukul 22.18.19 menit WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Gedung KPU RI, Jakarta, Rabu (20/3) malam.

Selengkapnya di sini.


2. Resmi menangkan pemilu, Prabowo ucapkan terima kasih kepada KPU

Calon Presiden RI Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada jajaran penyelenggara pemilihan umum (Pemilu) dari mulai Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena dianggap sukses menggelar ajang pesta demokrasi tahun ini.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU dan seluruh jajarannya di tingkat KPU Provinsi, KPU Kabupaten, PPK, KPPS, seluruh PPLN di 128 negara," kata Prabowo saat menyampaikan pidato kemenangan di kediamannya kawasan Kartanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (20/3).

Selengkapnya di sini.


3. KPU RI siap hadapi sengketa hasil Pemilu 2024 di MK

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa pihaknya siap menghadapi sengketa terkait Pemilu 2024 atau Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Kami juga harus mempersiapkan segala sesuatunya, berbagai macam potensi sengketa yang dibawa ke Mahkamah Konstitusi sebagai bentuk pertanggungjawaban KPU dalam menyelenggarakan Pemilu 2024 ini," kata Hasyim di Gedung KPU RI Jakarta, Rabu (20/3) malam.

Selengkapnya di sini.


4. Bertemu Surya Paloh, Prabowo sebut rakyat ingin para pemimpin rukun

Calon presiden Prabowo Subianto mengatakan bahwa rakyat menginginkan para elite politik atau pemimpin bangsa bersikap rukun setelah berakhirnya pelaksanaan pemilihan umum 2024.

Usai bertemu Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (22/3), Prabowo menginginkan pertemuannya dengan Surya Paloh dimaknai bahwa bangsa Indonesia telah berkembang menjadi bangsa yang dewasa dan matang dengan sistem demokrasi.

"Saya berkeyakinan bahwa faktor kerja sama di antara kepemimpinan itu sangat penting dan ini yang dituntut rakyat kita," kata Prabowo saat konferensi pers didampingi Surya Paloh.

Selengkapnya di sini.


5. Waketum Gerindra klaim sebagian besar sudah move on dari hak angket

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengklaim mayoritas anggota DPR RI sudah berpaling alias move on dari wacana hak angket tentang pelaksanaan Pemilu 2024 yang mengemuka di parlemen.

"Jadi, sudah pada move on, tetapi enggak tahu nanti di pimpinan partai masing-masing. Kalau Anda cek, coba deh, misalnya, random ngobrol dengan teman-teman anggota DPR, sebagian besar, mungkin ada 70 persen sudah move on," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (22/3).

Selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024