LPG 3 kilogram untuk rata-rata konsumsi harian di wilayah Sumsel sekitar 146 metrik ton (MT) per hari
Pangkalpinang (ANTARA) - Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel memastikan keamanan pasokan BBM dan LPG di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung aman, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat saat Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah.

"Kami sudah memetakan untuk mengamankan pasokan dan stok energi selama Ramadhan dan lebaran nanti," kata Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan saat ini untuk rata-rata konsumsi harian BBM jenis Gasoil (solar) di wilayah Bangka Belitung sekitar 364 kilo liter (KL) per hari dan untuk rata-rata konsumsi harian BBM jenis gasoline (bensin) sekitar 953 KL per hari.

"LPG 3 kilogram untuk rata-rata konsumsi harian di wilayah Sumsel sekitar 146 metrik ton (MT) per hari," katanya.

Menurut dia momen Ramadhan dan Idul Fitri menjadi momen penting bagi masyarakat. Sejalan dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat, baik untuk transportasi maupun memasak. Pertamina berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Pertamina sebagai penyedia energi memiliki peran besar untuk menjaga pasokan energi, sehingga nantinya akan dibentuk kembali Satgas RAFI untuk memastikan energi yang digunakan masyarakat tetap aman dan terpenuhi," katanya.

Selain itu, dalam memeriahkan Bulan Suci Ramadhan 2024, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melakukan program Berbagi Takjil di 54 SPBU di wilayah Bangka.

Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian dan ketulusan Pertamina kepada konsumen SPBU Pertamina sekaligus meningkatkan amal ibadah di bulan suci.

Program pembagian takjil ini diharapkan mendapat respon positif dari pengendara yang mengisi BBM serta dapat membantu para pengendara yang masih melakukan perjalanan pulang ke rumah untuk berbuka puasa.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyatakan bahwa Pertamina Patra Niaga terus berkomitmen untuk mengoptimalkan ketahanan stok dan kelancaran distribusi tidak hanya LPG, namun juga BBM dan Avtur untuk memenuhi kebutuhan masyarakat serta mengantisipasi peningkatan konsumsi selama bulan Ramadan dan Idul Fitri 2024.

"Selain dengan meningkatkan keandalan sarana dan prasarana di seluruh operasional serta memastikan aspek keselamatan dan HSSE, kami juga terus memastikan ketersediaan stok dan distribusi BBM dan LPG melalui monitoring _real time_ harian, serta meningkatkan pelayanan di SPBU dan Agen serta Pangkalan LPG di seluruh wilayah," pungkas Irto. 

Baca juga: Pertamina: Babel jadi provinsi terinovasi awasi BBM bersubsidi
Baca juga: Pemprov Babel - Pertamina tidak jual BBM bagi kendaraan mati pajak

Pewarta: Aprionis
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024