Beijing (ANTARA) - Menteri Perdagangan China Wang Wentao bertemu dengan CEO Apple Tim Cook pada 22 Maret 2024.

Kerja sama ekonomi dan perdagangan China-Amerika Serikat (AS) merupakan kekuatan penstabil hubungan bilateral, kata Wang, seraya menambahkan bahwa China bersedia bekerja sama dengan AS dalam menciptakan lingkungan yang adil, stabil, dan dapat diprediksi untuk kerja sama antara perusahaan-perusahaan kedua negara.

Pada pertemuan tersebut, keduanya bertukar pandangan mengenai berbagai topik seperti perkembangan Apple di China serta hubungan ekonomi dan perdagangan China-AS.

Ekonomi China memiliki ketahanan yang kuat, dan fundamental jangka panjangnya yang sehat tidak berubah, kata Wang, seraya menambahkan bahwa negaranya memiliki skala pasar yang sangat besar, sistem industri yang lengkap, sumber daya manusia yang berkualitas tinggi, serta lingkungan bisnis yang stabil dan terbuka.

China sedang mempercepat pengembangan kekuatan produktif baru berkualitas yang didorong oleh inovasi dan memiliki prospek yang luas di bidang teknologi tinggi seperti kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan komputasi awan (cloud computing), yang berarti peluang besar bagi perusahaan-perusahaan dari seluruh dunia termasuk Apple, menurut Wang.

China menyambut baik Apple untuk terus mengembangkan bisnisnya di China dan mencapai perkembangan bersama, katanya.

Cook mengatakan bahwa China merupakan pasar yang penting dan mitra rantai pasokan utama bagi Apple karena sumber daya manusianya yang kaya dan vitalitas inovasinya yang kuat.

Apple tetap berkomitmen untuk pengembangan jangka panjang di China dan akan terus meningkatkan investasi dalam rantai pasokan, penelitian dan pengembangan (litbang), serta penjualan di negara itu, ujarnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2024