Tim kesehatan hewan ternak dari Dinas kami terjunkan ke semua lokasi peternakan dan semua pasar hewan. Kami ingin memastikan semua hewan dalam kondisi sehat dan dagingnya layak konsumsi,
Purwakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, siap memenuhi ketersediaan daging sehat dan layak konsumsi selama bulan suci Ramadhan hingga Lebaran 2024 dengan melakukan vaksinasi ribuan hewan ternak di Purwakarta.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta Siti Ida Hamidah dalam keterangannya di Purwakarta, Senin, mengatakan bahwa untuk kegiatan vaksinasi telah diterjunkan tim kesehatan hewan ternak ke semua lokasi peternakan milik masyarakat dan pasar hewan.

"Tim kesehatan hewan ternak dari Dinas kami terjunkan ke semua lokasi peternakan dan semua pasar hewan. Kami ingin memastikan semua hewan dalam kondisi sehat dan dagingnya layak konsumsi," katanya.

Hal tersebut dilakukan secara maksimal karena pada bulan Ramadhan hingga menjelang lebaran kebutuhan akan daging diperkirakan semakin tinggi.

Baca juga: Bulog Sumut ajukan 70 ton daging impor ke pusat untuk Lebaran 2024

Disebutkan bahwa hingga kini ribuan hewan ternak di Purwakarta telah mendapatkan penyuntikan vaksin untuk mengatasi penularan dan penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Vaksinasi itu dilakukan terhadap hewan ternak sapi, kerbau, domba dan kambing. Tujuannya untuk memastikan ketersediaan daging sehat dan layak konsumsi selama bulan suci Ramadhan hingga puncaknya pada lebaran.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Purwakarta, Rudi Hartono menyebutkan bahwa langkah vaksinasi ribuan hewan ternak itu merupakan arahan Penjabat Bupati Benni Irwan kepada Dinas Peternakan dan Perikanan Purwakarta.

"Pj Bupati ingin memastikan ketersediaan daging sehat untuk konsumsi Ramadhan dan lebaran. Langkah vaksinasi itu juga sekaligus untuk memutus dan mencegah penularan dan penyebaran lebih luas penyakit PMK yang terjadi di daerah lain," katanya.

Baca juga: Pontianak jaga ketersediaan daging sapi hingga Idul Fitri

Sementara itu, sepanjang 2023 hingga Maret 2024, sebanyak 26.208 ekor hewan ternak sapi, kerbau, domba dan kambing telah divaksinasi.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 24.284 hewan ternak telah divaksin PMK pada 2023 yang meliputi sapi sebanyak 10.794 ekor, kerbau 2.147 ekor, 10.275 ekor domba dan 1.068 ekor kambing.

Sementara itu hewan ternak yang divaksin pada Januari hingga Maret 2024 jumlahnya mencapai 1.924 ekor, yang meliputi sapi sebanyak 458 ekor, 93 ekor kerbau, 1.158 ekor domba dan 215 ekor kambing.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024