Jakarta (ANTARA) -
Pemain sepak bola Indonesia yang baru naturalisasi Ragnar Oratmangoen mengaku tidak sabar untuk debut bersama tim nasional saat bertandang melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3).

Pemain klub Fortuna Sittard itu sudah tak sabar membela timnas Indonesia dalam lanjutan putaran kedua kualifikasi Piala Dunia di Grup F.

"Saya sangat senang, bangga bisa berada di sini (timnas). Saya harap saya bisa mendapatkan debut saya bersama timnas saat di Vietnam. Insya Allah bisa menjadi kenangan yang indah untuk saya," kata Ragnar dalam keterangan tertulis di laman resmi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) yang dipantau di Jakarta, Senin.

Baca juga: Ragnar tak masalah ditempatkan di posisi manapun di timnas

Dalam pertandingan tersebut dua pemain timnas Garuda yang baru naturalisasi, yaitu Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen, kemungkinan besar sudah bisa bermain untuk membela Indonesia.

Ragnar bersyukur, persiapan untuk pertandingan melawan tim asuhan Philippe Troussier berjalan baik.

Timnas Indonesia juga sudah berada di Vietnam sejak Sabtu (23/3) dan telah menjalani beberapa kali sesi latihan.

"Persiapannya berjalan baik, saya berusaha tetap bugar dan tidak sakit. Sejauh ini masih melakukan beberapa latihan fisik dan siap untuk menghadapi pertandingan," ujar dia.

Baca juga: Adaptasi Nathan, Jay, Ragnar dan Thom dengan timnas berjalan baik
 
Terkait kekuatan skuad lawan, pemain berumur 26 tahun itu menilai, Vietnam adalah tim yang tangguh.

Saat bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3) lalu, Vietnam dinilai mampu memberikan perlawanan sengit, sehingga timnas Indonesia hanya menang tipis 1-0.

Meski begitu, Ragnar optimistis timnas masih bisa bermain lebih bagus dibanding skuad The Golden Star.

Timnas Indonesia memetik kemenangan perdana pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F, setelah menundukkan Vietnam 1-0 melalui gol Egy Maulana Vikry (52').
 
Dalam laga itu, pelatih skuad Garuda, Shin Tae-yong (STY), menurunkan dua pemain anyar lain yang juga baru naturalisasi, yaitu Jay Idzes dan Nathan Tjoe-A-On.

Baca juga: STY ungkap kondisi beberapa pemain tak baik jelang lawan Vietnam
Baca juga: Muhammad Ferarri dan Rachmat Irianto susul timnas ke Vietnam
Baca juga: Jadwal Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia: Vietnam jamu Indonesia

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024