Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan di platform TikTok menampilkan foto uang yang diklaim hasil redenominasi, salah satu uang hasil redenominasi tersebut terdapat foto Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Namun, benarkah  BI keluarkan uang kertas emisi terbaru bergambar Sri Mulyani?

 

Unggahan video yang menampilkan foto Sri Mulyani diuang baru hasil redenominasi. Faktanya, desain tersebut dipastikan bukan uang resmi yang diedarkan Bank Indonesia. (TikTok)
Penjelasan:

Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia pada tahun 2020 kembali membicarakan rencana redenominasi rupiah dan pada rencana tersebut penyederhanaan rupiah dilakukan dengan mengurangi tiga angka nol di belakang, contohnya Rp1.000 hanya menjadi Rp1. 

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 77/PMK.01/2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Keuangan Tahun 2020 hingga 2024. Namun, sampai saat ini belum ada informasi resmi kapan redenominasi rupiah akan diberlakukan.

Pada 2023 lalu, Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengaku siap melakukan redenominasi rupiah, namun masih terdapat tiga faktor yang menyebabkan pelaksanaannya belum dilakukan hingga saat ini.

Terkait foto uang hasil redenominasi Rp50 dan Rp100 juga pernah beredar tahun dan telah dibantah oleh Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono. Menurutnya, desain tersebut dipastikan bukan uang resmi yang diedarkan Bank Indonesia.

Gambar uang kertas yang resmi diedarkan Bank Indonesia dapat dilihat dilaman resmi BI.

Klaim: BI keluarkan uang kertas emisi terbaru bergambar Sri Mulyani

Rating: Hoaks

Cek fakta: Benarkah Sri Mulyani berpose dukung salah satu paslon usai mencoblos di Pemilu 2024?

Cek fakta: Misinformasi! Video Sri Mulyani resmi mundur dari Menkeu pada akhir Januari 2024

Baca juga: Mau Tukar Uang Baru di Bank DKI? Simak Jadwal dan Lokasinya

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024