Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menyalurkan 5.000 paket sembako menjelang Lebaran 2024 kepada keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kabupaten Bintan.

Adapun rincian per paket sembako yang diberikan berupa beras lima kilogram, gula pasir satu kilogram, tepung satu kilogram, minyak goreng dua liter, dan kental manis satu kaleng.

"Bantuan sembako ini difasilitasi dinas sosial dengan sumber dana aspirasi anggota DPRD Kepri Dewi Kumalasari Ansar," kata Gubernur Kepri Ansar Ahmad saat penyerahan bantuan sembako secara simbolis di Gedung Nasional, Tanjung Uban, Kabupaten Bintan, Senin.

Baca juga: Pemprov Kepri pastikan stok beras cukup sampai Idul Fitri 1445 H

Gubernur Ansar menyatakan bahwa penyerahan bantuan sembako menjelang hari raya Idul Fitri ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk mengurangi beban masyarakat yang membutuhkan.

Meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak, kata dia, bantuan ini diharapkan dapat membantu dan membuat masyarakat bersyukur, mengingat janji Allah SWT bahwa rasa syukur akan mendatangkan lebih banyak keberkahan.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Ansar juga mengingatkan masyarakat agar tidak salah memaknai esensi Ramadhan dan puasa, melainkan bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa.

Baca juga: Baznas Kepri libatkan 100 UMKM dalam bazar Kemilau Kampoeng Ramadhan

Ansar turut menekankan pentingnya menjaga kesederhanaan selama Ramadhan dan tidak berlebihan dalam belanja kebutuhan ekonomi. Ramadhan harus dimaknai sebagai ladang amal dan kesempatan mendapatkan ampunan dari Allah SWT.

"Jangan justru saat Ramadhan ini kebutuhan ekonomi kita malah melonjak tinggi, tetaplah dalam pola hidup kesederhanaan hingga hari raya nanti, jangan berlebih-lebihan," ucap dia.

Bupati Bintan Roby Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Ansar atas kepedulian dan bantuan sosial yang diberikan kepada warga setempat

Bantuan tersebut sangat berarti bagi masyarakat Bintan, terutama dalam meringankan beban ekonomi pada bulan Ramadhan dan menyambut Lebaran 2024.

Baca juga: Wapres bertolak ke Kepri resmikan Ramadhan Fair 2024

"Pemkab Bintan bersama Pemprov Kepri juga berkomitmen untuk membantu masyarakat mendapatkan sembako dengan harga terjangkau melalui kegiatan pasar murah selama bulan Ramadhan," kata Robi.

Pewarta: Ogen
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024