Jakarta (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengatakan bahwa peringatan Hari Ulang Tahun Ke-16 merupakan momen penting yang menandai perjalan panjang Bawaslu sebagai pengawas pemilu.

"Peringatan HUT Ke-16 Bawaslu merupakan momen penting yang menandai perjalanan panjang Bawaslu dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas pemilu," kata Bagja dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, perjalanan panjang Bawaslu dalam 16 tahun memiliki banyak tantangan dan hambatan dalam memperjuangkan integritas pemilu yang berkualitas.

Diketahui bahwa HUT Bawaslu jatuh pada tanggal 9 April 2024. Kendati demikian, Bagja mengatakan bahwa peringatan tersebut bertepatan dengan Lebaran 2024 sehingga rangkaian peringatan lebih dahulu.

Ia pun berharap rangkaian pelaksanaan HUT Ke-16 Bawaslu dapat berjalan dengan baik. Selain itu, juga seluruh rangkaian dapat dilaksanakan mulai dari Bawaslu RI, bawaslu provinsi, hingga bawaslu kabupaten/kota.

"Kami harapkan seluruh rangkaian dapat teman-teman lakukan dan ini akan berlaku untuk seluruh bawaslu, mulai pusat, provinsi, hingga kabupaten/kota," ujarnya.

Adapun HUT Ke-16 Bawaslu bertema 16 Tahun Mengawasi untuk Indonesia.

Nantinya, sejumlah rangkaian acara yang akan digelar, yakni tasyakuran HUT Ke-16 Bawaslu, jalan sehat, penyerahan satyalencana, dan lain sebagainya.

Baca juga: Bawaslu: 12.284 TPS tak ada alat bantu disabilitas netra
Baca juga: Bawaslu RI tindak lanjuti belasan laporan dari rekapitulasi nasional

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024