Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan Kedutaan Besar India menjajaki berbagai peluang kerja sama untuk menarik minat akademisi dari Indonesia belajar ke India.

Sekretaris Universitas UI Agustin Kusumayati dalam keterangannya di Depok, Senin, menyambut positif pertemuan itu untuk mendorong minat mahasiswa Indonesia ke India. 

Sebelumnya UI telah menjalin kerja sama dengan tiga perguruan tinggi di India yakni Indian Institute of Technology Bombay, Saveetha Institute of Medical and Technical Sciences, dan Coorg Institute of Dental Sciences.

India selama ini dikenal secara global sebagai negara yang memiliki keunggulan dalam hal pendidikan teknologi.

"Kami berharap pertemuan ini dapat menjadi awal dari berbagai kegiatan kolaboratif lainnya yang akan dikembangkan pada masa depan," ujar dr. Agustin.

Baca juga: Tiga tim Indonesia wakili Asia-Pasifik di SEM World Championship India

Kedutaan Besar India memperkenalkan program beasiswa atau kursus berstandar internasional yakni Indian Technical and Economic Cooperation Programme (ITEC) dan Indian Council for Cultural Relations (ICCR).

Menurut Concellor Education Embassy of India Ram Kumar, kedua program itu merupakan upaya untuk kembali mempertemukan pemikiran kreatif dan talenta luar biasa dari kedua pihak.

"Hubungan India dan Indonesia sudah terjalin lama. Kami banyak mendapatkan permintaan untuk melakukan berbagai kegiatan kolaborasi pada bidang pendidikan, terutama dengan universitas di Indonesia," ujarnya. 

ITEC merupakan lembaga pelatihan peningkatan kapasitas dan beasiswa kelas dunia yang berfokus pada peningkatan keterampilan di berbagai bidang, seperti agrikultur, perbankan, asuransi, dan program belajar lainnya.

Baca juga: UI jajaki kemitraan dengan perguruan tinggi di Eropa

Di bawah Program ITEC, semua pengeluaran, termasuk tiket pesawat internasional, visa, biaya kursus, akomodasi, tunjangan hidup, biaya studi banding, tunjangan buku, fasilitas kesehatan, ditanggung oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) India.

ICCR merupakan program beasiswa dari Dewan Hubungan Kebudayaan India (Admission to Alumni) yang bertujuan untuk membangun, menghidupkan kembali, serta memperkuat hubungan budaya antara India dan negara lain.

Ram Kumar mengatakan program ini ditujukan khusus untuk mahasiswa Indonesia yang ingin melakukan studi di India. Pendaftaran ICCR dapat dilakukan secara online melalui website resminya.

Baca juga: Kedutaan India jajaki potensi kerja sama dengan Kota Makassar

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024